BLOG » Lomba Bitread

Lomba Menulis Pesona Pangkalpinang

Lomba Menulis Pesona Pangkalpinang


Indonesia bukan hanya indah namun lebih dari itu, Indonesia sangat luar biasa mempesona. Jutaan turis mancanegara berusaha menikmati seluruh detail keindahan ini dan memaknainya secara menyeluruh lewat berinteraksi dengan budaya dan fakta sejarah yang menyertainya. Hal ini bukan hanya dimiliki pada kota-kota atau daerah tertentu yang menjadi tujuan wisata populer saja. Akan tetapi hampir dimiliki oleh seluruh kota atau daerah di tanah air menyimpan pesona Indonesia-nya. Salah satunya adalah Pangkalpinang, ibu kota dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kota Pangkalpinang menyimpan banyak pesona dalam berbagai sisi. Keindahan wisata, keragaman budayanya, dan sisi sejarah masyarakat serta kotanya melebur menjadi sebuah pesona daya tarik. Menyambut ulangtahun kota yang ke 259, Walikota Pangkalpinang dan BITREAD mengundang kontribusi para generasi muda atau seluruh lapisan masyarakat Pangkalpinang untuk ikut serta dalam lomba menulis Pesona Pangkalpinang.

Sesuai dengan usia perayaan tahun ini ada total hadiah walikota sebesar 25,9 juta menanti karya terbaik dari peserta. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat Pangkalpinang, khususnya generasi muda untuk bangga dan semakin mencintai kota Pangkalpinang, sebagai tempat tinggalnya, tanah kelahirannya, dan tempat mereka dibesarkan. Melalui tulisan ini mereka akan ikut membangun dan membesarkan kota.

Cerita tentang Pangkalpinang tidak akan tersampaikan dengan sempurna sebelum dituangkan ke dalam tulisan-tulisan yang menarik. Nantinya 20 tulisan yang terpilih menjadi pemenang akan dibukukan dalam sebuah antologi PESONA PANGKALPINANG, agar karya-karya tersebut menjadi lebih abadi.

Mengapa kami memilih berpartisipasi dalam lomba menulis? Sebab selain sebagai sarana berpromosi, kegiatan ini juga bertujuan untuk merangsang minat dan bakat generasi muda Pangkalpinang untuk biasa menulis dan membaca. Terlebih lagi tulisan dari hasil lomba ini akan menjadi sebuah buku yang diterbitkan, dan diharapkan dapat memperkaya literasi yang baik bagi Indonesia. Literasi yang baik adalah pondasi intelektual bangsa. Ini jugalah yang menjadi fokus dan semangat yang diusung oleh BITREAD.

BITREAD sebagai sebuah platform penerbitan berbasis digital mendukung gerakan menulis untuk menerbitkan buku kepada masyarakat Indonesia. Masing-masing tulisan yang bertujuan baik memiliki potensi menjadi inspirasi bagi yang lainnya, untuk itu berhak diberi kesempatan agar bisa dipublikasikan.  

BITREAD mendukung dan berperan untuk memberi kesempatan pada tulisan-tulisan tersebut. Demikian pula yang BITREAD lihat dari potensi cerita dan kisah dari daerah Pangkalpinang.
Bagi yang memiliki kisah atau cerita yang menarik tentang Pangkalpinang silahkan mengirimkan tulisan melalui platform lomba yang sudah disiapkan, yaitu di:

www.bitread.co.id/pesonapangkalpinang
 
 

Leave a review