BLOG » Artikel

Tips Membaca Cepat

Tips Membaca Cepat

Masih Ingatkah saat mata pelajaran Bahasa Indonesia kita sering diminta guru untuk membaca cepat bahkan terkadang menggunakan timer untuk menghitungnya. Hal itu dimaksudkan untuk mengukur kemampuan membaca yang kita miliki, kemampuan membaca cepat ini penting loh terutama untuk mengetahui kemampuan menyerap informasi lewat bacaan secara cepat dan akurat. Semakin seseorang membaca cepat, semakin banyak informasi yang diserap otak kita. Kemampuan membaca cepat berkaitan juga dengan tingkat intelektual seseorang.

Nah, makanya membaca sebenarnya sebuah keterampilan yang perlu dijadikan  kebiasaaan. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat membantu kita membaca cepat.

Hilangkan kebiasaan membaca dengan bersuara
Membaca dengan bersuara memang memiliki efek cepat melekat didalam ingatan namun, membaca dengan bersuara ternyata menghambat kita dalam proses membaca cepat. Hal ini karena ada dua fungsi indra yang digunakaan secara bersamaan sehingga otak harus bekerja ekstra. Membaca dengan bersuara juga membuat kita mudah lelah sehingga bacaan yang dibaca tidak akan banyak. Jadi usahakan membacalah tanpa bersuara agar bacaan yang kita baca menjadi lebih banyak, tidak mudah lelah dan tidak membuat orang lain merasa terganggu dengan suara kita saat membaca.

Jangan gunakan jari saat membaca
Menggunakan ujung jari disaat membaca biasanya dilakukan oleh anak yang baru belajar membaca agar tidak keluar dari jalur bacaanya.  Sedangkan bagi kita yang telah jago membaca penggunaan ujung jari digunakan untuk menujuk  informasi yang penting dalam setiap bacaan untuk diingat atau agar kita tidak melakukan Regresi (pengulangan). Sayangnya penggunaan jari disaat membaca merugikan kita karena kelenturan otot mata dalam melihat kata terhambat oleh kata yang ditunjuk jari sehingga dalam proses membaca cepat hal ini mempengaruhi. Tidak hanya itu membaca menggunakan jari membuat kita mudah lelah karena ada dua indra yang digunakan. Membaca dengan bersuara saja sudah tidak baik apalagi sambil menggunakan jari untuk menunjuk bacaan. Maka itu usahakan jangan gunakan jari saat membaca.

Jangan membaca satu persatu kata tapi bacalah kalimat
Membaca satu persatu menghabiskan seluruh waktu kita dalam membaca. Kita akan sulit untuk menangkap makna dari kalimat yang kita baca. Membaca satu persatu kata biasanya dipakai oleh mereka yang baru belajar membaca dan hal ini tentu jangan dipraktekan oleh kita yang telah lancer  membaca. Bacalah secara keserluruhan kalimat sehingga kita akan lebih cepat menangkap makna kalimat dan membuat kita makin cepat membaca.

Gunakan Highlighter
Highlighter biasanya digunakan untuk menebalkan kata atau kalimat yang menjadi sebuah infomasi penting dalam sebuah paragraf. Penebalan bisa menggunakan stabilo, pulpen ataupun alat tulis yang mampu membuat kita mengerti point penting yang tercantum dalam kalimat atau paragraf itu. Highlighter juga membantu kita untuk men-screening bacaan yang telah dibaca saat hendak diambil point-point intinya saja untuk diingat. Hal ini  juga membantu kita untuk tidak banyak membuang waktu saat membaca.

Regresi
Regresi adalah pengulangan bacaan atas materi yang telah dibaca. Biasanya terjadi jika konsentrasi kita buyar maka kita akan kembali membaca kalimat yang sama kedua kalinya agar kita dapat memahami apa yang dibaca. Regresi ini tidak baik jika ingin membaca cepat maka untuk mengatasi regresi bisa  dengan bantuan pensil atau telunjuk sebagai pembatas atau pengingat. Tapi karena penggunaan alat bantu itu juga dapat menghambat waktu membaca cepat maka jika telah terbiasa tidak lagi melakukan regresi penggunaan pensil atau telunjuk harus dihilangkan.  Kedua, berkonsentrasi penuh saat membaca. Hal ini penting karena regresi terjadi karena kita tidak memahami apa yang telah kita baca.  Carilah tempat yang nyaman sehingga mudah berkonsentrasi dan kita akan fokus pada setiap bacaan untuk dapat membaca lebih cepat.

Sering membaca
Membaca itu sebuah kebutuhan yang perlu menjadi kebiasaan dan sebuah keterampilan yang perlu diasah. Dengan sering membaca dapat  membantu kita mengenal banyak susunan kata, kosa kata serta kalimat. Tentu saja membantu otot mata kita lebih lentur bergerak dan otak kita terasah untuk lebih cepat menangkap bacaan.
Bacalah dimanapun kita berada jika tidak ada buku, koran atau majalah yang bisa dibaca kita bisa dengan iseng membaca papan iklan, nama toko atau nama jalan apapun itu yang penting melatih kemampuan kita membaca cepat. Apalagi teknologi gadget saat ini sangat memanjakan kita. Sehingga kita dapat mengakses dan mengunduh e-book yang bermanfaat untuk dibaca. Yuk, buka bacaan mu dan mari latihan membaca cepat! [Amy]

Leave a review