BLOG » profil penulis

Penulis , Entrepreneur sekaligus dosen ; Dr. Dwi Purnomo

Penulis , Entrepreneur sekaligus dosen ; Dr. Dwi Purnomo

Pria kelahiran Bandung 9 Mei 1980 ini merupakan anak bungsu dari pasangan Supardjo (Alm) dan Rr. Sri Widodo. Adik dari Yulia Eka Pujiati (Almh) ini terlahir dengan kemampuan yang luar biasa. Terbukti sampai saat ini banyak sekali penghargaan yang dia raih dari hasil kerja keras yang dia tekuni sejak lama. Tidak hanya menjadi penulis, Dwi Purnomo juga banyak berpengalaman dalam dunia kerja. Ia perrnah menjadi staff pengajar di beberapa Universitas, peneliti, menjadi mentor, international speaker dan masih banyak lagi pengalaman yang telah ia dapatkan. Namun disetiap pencapaian pasti ada proses yang harus dilewati hingga akhirnya membuatnya sampai pada titik sekarang. Dwi Purnomo meraih gelar Sarjana Teknologi Pertanian diperoleh dari Jurusan Teknologi Pertanian Fakultas Pertanian, Universitas Padjadjaran pada tahun 2003. Lalu ia menyelesaikan pendidikan S2  pada  Departemen Teknik dan Manajemen Industri,  Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Bandung pada tahun 2005. Kemudian, pada tahun 2007 menempuh pendidikan program Doktor di Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor dan selesai pada tahun 2011 diusianya yang ke-31.   Usia yang cukup muda untuk mencapai apa yang telah ia capai diusianya.

Dwi Purnomo dikenal sebagai penggiat inovasi dalam dalam kurikulum Perguruan Tinggi dan Social Entrepreneurship dengan pendekatan Design Thinking. Ia berbakat dalam merancang beragam inovasi baru untuk membangkitkan dampak positif bagi masyarakat dengan memanfaatkan potensi local yang dipadupadankan dengan hasil riset, teknologi, kreatifitas dan rekayasa social.  Saat ini ia sedang mengakselerasi lebih 40 startup berbasis teknologi dengan menghubungkan stakeholders dari hulu ke hilir menggunakan pendekatan design thinking.

Semua hasil kerja kerasnya terlihat dari banyaknya penghargaan dan karyanya yang telah dikenalkan kepada masyarakat yang tentunya memberikan keuntungan untuk orang lain. Beberapa penghargaan yang telah ia dapatkan adalah, ditahun 2014 Dwi Purnomo meraih penghargaan Innovation and Initiative Award (food category) dari Gubernur provinsi Jawa Barat, ditahun 2015 ia kembali diberikan penghargaan dari Junior Chamber Internasional Bandung, kemudian ditahun yang sama ia kembali mendapatkan penghargaan lain yaitu National Entrepreneurship Activator Award, dan masih banyak lagi penghargaan yang telah ia dapatkan dari hasil kerja kerasnya.

Dwi Purnomo adalah penulis aktif  bitread yang sudah menerbitkan dua karya berjudul Sociopreneur Milenial dan Entrepreneur Speak Up. Kedua buku ini merupakan hasil tesis serta disertanya.  Buku tersebut membahas mengenai bagaimana membangun sebuah perusahaan bisnis dengan basis sosial. Untuk Bitreaders yang sedang mencari buku-buku bisnis yang berbasis sosialpreneur, buku karya Dwi Purnomo bisa menjadi pilihan. 
 

Leave a review