f.a.q

Frequently Asked Questions
BITREAD tidak melakukan penyuntingan atau editing terhadap naskah yang masuk. BITREAD hanya melakukan proses screening terhadap naskah yang masuk. Screening yang dilakukan BITREAD hanya terkait pada isi materi dari naskah, apakah menyinggung SARA atau melanggar etika kesopanan. Penulislah yang akan mengeditnya naskahnya sendiri. BITREAD tidak akan melakukan perubahan apapun terhadap isi naskah.
BITREAD adalah self publishing, untuk itu penulislah yang bertanggung jawab untuk mengedit, merevisi, serta menata isi naskahnya.
BITREAD hanya melakukan screening dan mengecek kelengkapan naskah yang masuk. Setelah naskah disetujui, BITREAD akan membuatkan cover buku.
BITREAD tidak melakukan layout isi buku. Dengan fasilitas preview naskah di template yang telah BITREAD sediakan, penulis bisa memeriksa tampilan naskah mereka sebelum di unggah. Segala bentuk tata letak di dalam naskah adalah menjadi tanggung jawab penulis.
Selaku self publishing, BITREAD adalah partner dari penulis menerbitkan buku. BITREAD membantu penulis untuk dapat menerbitkan buku dalam waktu 30 hari kerja. Dalam waktu 30 hari kerja tersebut proses editing dan layout yang memakan waktu cukup lama tentu tidak dapat BITREAD penuhi. Dengan konsep self publishing pula maka penulis memiliki keleluasan untuk mengedit dan mengatur tata letak bagi buku mereka sendiri.
Kategori naskah yang diterima oleh BITREAD bisa dilihat berdasarkan kategori yang ada di dalam website. Akan tetapi tidak menutup kesempatan bagi para penulis untuk mengirim naskah dalam tema atau bentuk lain, misalnya seperti komik.
BITREAD tidak memberikan ISBN kepada buku regular terbitannya. Namun bila penulis ingin buku terbitannya memiliki nomor ISBN, BITREAD akan membantu menyiapkan dokumen dan suratnya. Kemudian penulis bisa mengirimkan berkas tersebut via email atau mendatangi langsung PERPUSNAS untuk mendapatkan nomor ISBN. Layanan ini tidak dipungut biaya (gratis).
Nomor ISBN sebenarnya tidak memiliki hubungan dengan hak terbit buku. ISBN berhubungan dengan registrasi pada sistem penjualan buku (seperti pada toko buku konvensional) dan kepada copyrights penerjemahan bila hendak dialih bahasakan kepada Bahasa lain. BITREAD memiliki standar penerbitan buku dalam waktu 30 hari kerja. Sementara proses pengurusan ISBN terkadang memerlukan waktu tertentu dan hal akan menghambat proses 30 hari kerja tersebut. Akan tetapi bila penulis yang langsung mengurusnya, penulis akan bisa memahami berapa lama waktu yang terkadang dibutuhkan dalam proses perolehan ISBN tersebut. Sehingga tidak akan menjadi keluhan penulis kepada BITREAD hanya karena waktu pengurusan ISBN yang tidak sama.
Tidak ada aturan khusus dalam penulisan naskah. Namun ada aturan khusus dalam kelengkapan naskah yang akan diterbitkan. Kelengkapan ini bisa dilihat di template naskah yang telah disediakan.
Berapakah halamankah minimal untuk dapat diterbitkan di BITREAD?
BITREAD akan membuatkan sampul atau cover buku secara gratis. Akan tetapi BITREAD mengijinkan apabila penulis ingin mengajukan sampul atau covernya sendiri.
Tidak ada batasan dalam pengiriman naskahnya. Penulis boleh mengirimkan berapapun naskah mereka.
Tidak ada biaya yang dibebankan kepada penulis untuk menerbitkan buku di BITREAD.
Harga buku ditentukan oleh BITREAD atas pertimbangan-pertimbangan tertentu.
Selama naskah itu sudah selesai masa kontrak penerbitannya dengan penerbit lain, naskah tersebut bisa diterbitkan di BITREAD.
Setelah pemesan melakukan pembayaran standar waktu yang dibutuhkan proses PoD (hingga buku dikirimkan) adalah tiga hari (H+3 setelah pembayaran).
BITREAD bekerjasama dengan penulis untuk melakukan promosi. Akan tetapi Penulis berkewajiban penuh untuk mempromosikan buku mereka. Penulis bisa bekerjasama dengan BITREAD terhadap program-program promosi yang ingin dilakukan.
Penulis mendapatkan royalti yang berbeda untuk e-book dan cetak PoD. Untuk PoD penulis mendapatkan royalti 10% sedangkan untuk e-book adalah 40%. Royalti dihitung dari netto atau harga jual. Baik harga yang berlaku reguler maupun harga dalam program promosi.
Penulis akan mendapatkan royalti beserta laporan seluruh penjualannya setelah enam bulan masa penjualan. Masa penjualan ini terhitung satu bulan setelah buku diterbitkan. Penulis akan mendapatkan laporan penjualannya dan jumlah royalti yang akan dibayarkan melalui email oleh pihak BITREAD.
BITREAD adalah gerakan menerbitkan buku secara mandiri dengan konsep Print on Demand (PoD) dan ebook. Untuk itu BITREAD tidak secara khusus mencetak buku penulis dan menyediakan stok. BITREAD hanya mencetak buku sesuai pemesanan pembeli.
BITREAD membantu penulis untuk melakukan promosi melalui kampanye digital, seperti promosi melalui program reguler di sosial media atau acara bedah buku. Setiap sosial media BITREAD memiliki program-program reguler khusus. Akan tetapi meski BITREAD melakukan promosi, penulis tetap memiliki tanggung jawab untuk melakukan promosi demi kepentingan buku karyanya sendiri. Dengan promosi yang rutin dan aktif maka buku penulis dapat diketahui oleh pembaca.