f.a.q

Frequently Asked Questions
BITREAD hanya melakukan screening dan mengecek kelengkapan naskah yang masuk. Setelah naskah disetujui, BITREAD akan melakukan tata letak naskah dan membuat cover buku. Setelah buku terbit, Bitread akan membuat promosi sesuai dengan standar promosi yang dimiliki Bitread.
Selaku self publishing, BITREAD adalah partner dari penulis menerbitkan buku. BITREAD membantu penulis untuk dapat menerbitkan buku dalam waktu kurang lebih 30 hari kerja. Dalam waktu 30 hari kerja tersebut proses editing tidak dapat BITREAD penuhi. BITREAD hanya melakukan proses screening terhadap naskah yang masuk. Screening yang dilakukan BITREAD hanya terkait pada isi materi dari naskah, apakah menyinggung SARA atau melanggar etika kesopanan. Setiap naskah yang masuk akan didampingi oleh editor hingga terbit. Editor akan memberikan masukan apa saja yang harus diperbaiki. Dengan konsep self publishing pula maka penulis (dengan arahan editor BITREAD) memiliki keleluasan untuk menyunting naskah demi menghasilkan karya yang sempurna. BITREAD tidak akan melakukan perubahan apapun terhadap isi naskah.
Kategori naskah yang diterima oleh BITREAD bisa dilihat berdasarkan kategori yang ada di dalam website. Akan tetapi tidak menutup kesempatan bagi para penulis untuk mengirim naskah dalam tema atau bentuk lain, misalnya seperti komik, antologi (bunga rampai), buku anak, buku aktivitas anak misalnya seperti buku mewarnai.
Buku-buku yang terbit di BITREAD dapat diterbitkan dengan atau tanpa ISBN. ISBN adalah bukti bahwa buku telah didaftarkan terbitannya ke perpustakaan nasional. Untuk pemberian ISBN tentu editor pendamping akan mengkomunikasikan terlebih dahulu kepada penulis, apakah penulis memang ingin ada ISBN atau tidak. Jika penulis menginginkan ISBN segala pengurusan ISBN sepenuhnya akan dibantu oleh redaksi BITREAD. Dalam pengurusan ISBN terdapat biaya yang harus dibayarkan penulis sebesar Rp 150.000 - Rp 200.000*. Dengan sistem Print ond Demand, biaya ISBN sebesar Rp. 150.000 - Rp 200.000* tersebut digunakan untuk mencetakkan buku penulis sebanyak 3 buah dan biaya pengiriman (ongkos kirim) buku tersebut ke perpustakaan nasional (PNRI) sebanyak 2 eks dan Bapusipda ( perpustakaan daerah) sebanyak 1 eks. *Harga ditentukan berdasarkan ketebalan buku.
ISBN sebenarnya tidak memiliki hubungan dengan hak terbit buku. ISBN berhubungan dengan pencatatan terbitan pada perpustakaan nasional, registrasi pada sistem penjualan buku (seperti pada toko buku konvensional) dan kepada copyrights penerjemahan bila hendak dialih bahasakan kepada bahasa lain.
Tidak ada aturan khusus dalam penulisan naskah. Namun ada aturan khusus dalam kelengkapan naskah yang akan diterbitkan. Kelengkapan ini bisa dilihat di template naskah yang telah disediakan.
Untuk naskah minimal 80 halaman A4 sudah dapat diproses menjadi sebuah buku. Naskah tersebut akan dikonversi pada template yang telah disediakan. http://bitread.id/terbitkan_buku
BITREAD akan membuatkan sampul atau cover buku secara gratis. Akan tetapi BITREAD mengijinkan apabila penulis ingin mengajukan sampul atau covernya sendiri. Silakan template sampul/cover yang telah disediakan pada halaman http://bitread.id/terbitkan_buku
Tidak ada batasan dalam pengiriman naskahnya. Penulis boleh mengirimkan berapapun naskah mereka. Jangan lupa sertakan kelengkapa naskahnya. http://bitread.id/terbitkan_buku
BITREAD tidak meminta biaya dalam proses penerbitannya. Cover dan layout/tata letak naskah adalah fasilitas layanan BITREAD. Sebagai tahap dari proses penerbitan bitread.
Harga buku ditentukan oleh BITREAD atas pertimbangan-pertimbangan tertentu. Harga buku ditentukan oleh BITREAD setelah buku telah terbit. Harga buku di bitread dapat penulis/pembeli lihat di www.bitread.id.
Selama naskah itu sudah selesai masa kontrak penerbitannya dengan penerbit lain, naskah tersebut bisa diterbitkan di BITREAD.
Setelah pemesan melakukan pembayaran, rata-rata waktu yang dibutuhkan proses PoD adalah tiga hari (H+3 setelah pembayaran).
BITREAD bekerjasama dengan penulis untuk melakukan promosi. Terdapat dua sistem promosi buku Bitread: ONLINE: Sistem promosi online di Bitread menggunakan promosi internet yaitu website, media sosial (IG, facebook dan twitter) serta market place (tokopedia, Gramedia digital, dan lainnya) . OFFLINE: Sistem promosi secara offline adalah dengan mengadakan bedah buku/ launching buku dan penjualan buku di toko buku. Untuk penjualan buku di toko buku terdapat minimal order hal ini karena pendistribusian ke toko buku memilliki minimal stok. Sistem offline ke toko buku berlaku atas permintaan penulis sendiri (perlu ada diskusi lebih lanjut dengan tim Bitread perihal hal tersebut). Dalam promosi buku, penulis disarankan untuk aktif berkomunikasi langsung dengan bagian marketing. Sehingga jika ada saran dan keinginan dari penulis dalam berpromosi, penulis dapat menyampaikan langsung kepada tim marketing.
Penulis mendapatkan royalti yang berbeda untuk e-book dan cetak PoD. Untuk PoD penulis mendapatkan royalti 10% sedangkan untuk e-book adalah 40%. Nilai royalti bagi penulis ialah dari harga netto (harga setelah dipotong diskon). Royalti dilaporkan dua kali setiap tahun dan dicairkan dalam jarak waktu satu bulan setelah laporan diterima oleh Penulis.
Buku-buku Bitread juga terbit dalam format e-book. Buku-buku yang telah publish di website akan diterbitkan dalam format e-book paling lambat 1 bulan setelah terbit di website melalui distribution channel yang ditunjuk oleh Bitread. Saat ini tersedia di Gramedia Digital dan Amazon.
Penulis akan mendapatkan royalti beserta laporan seluruh penjualannya setelah enam bulan masa penjualan. Masa penjualan ini terhitung satu bulan setelah buku diterbitkan. Penulis akan mendapatkan laporan penjualannya dan jumlah royalti yang akan dibayarkan melalui email oleh pihak BITREAD.
Setelah naskah siap terbit. Redaksi akan mengirimkan kontrak penerbitan yang berisi perjanjian penerbitan buku di bitread. Terdapat hak dan kewajiban penulis yang perlu diketahui penulis. Hal ini berkaitan dengan royalti dan bukti terbit yang merupakan hak penulis atas karyanya.
BITREAD adalah gerakan menerbitkan buku secara mandiri dengan konsep Print on Demand (PoD) dan ebook. Untuk itu BITREAD tidak secara khusus mencetak buku penulis dan menyediakan stok. BITREAD hanya mencetak buku sesuai pemesanan pembeli.
Buku kami dicetak dengan kualitas terbaik. Bahan yang kami gunakan adalah bookpaper dan Art paper (untuk buku buku berwarna). Ukuran buku juga beragam ada A5 ( seperti buku pada umunya ) atau versi pocket book ( ukuran yang lebih kecil dan cukup disaku). Meski dicetak sesuai permintaan kualitas cetakan Bitread juga sama baiknya selayaknya buku pada umumnya. Oya, setiap buku akan mendapat pembatas buku.
Proses pengiriman buku Bitread menggunakan jasa-jasa pengiriman sebagai berikut: 1. JNE 2. POS Indonesia 3 Go-send ( Khusus untuk daerah Bandung) Lebih lanjut silakan hub: Tlp kantor : (022) 637 286 36 No Wa Markom : 0838-9079-0002 No Wa Sales : 0822 -4041-2234