Tentang Feature
January 31, 2015
Tentang Feature
Sering mendengar orang menyebut feature tapi masih bingung apa sih sebenarnya feature? Bagaimana bentuknya? Feature merupakan salah satu karya jurnalistik. Beberapa karya jurnalistik diantaranya adalah : berita (news), tajuk rencana, feature, karikatur, resensi, opini atau artikel, surat pembaca, dan pojok. Semua karya ini bisa kita temui dalam media massa. Feature sendiri sering disebut sebagai “karangan khas”.

Salah satu keunggulan feature dibanding dengan produk jurnalistik lainnya yaitu pada isi tulisannya yang tidak mudah basi. Mengapa demikian? karna feature menjelaskan masalah secara mendalam dan tajam namun dengan gaya bahasa sastra yang menarik, ringan dan menyenangkan. Sehingga orang yang membaca dapat terhibur sekaligus juga mampu tersentuh perasaannya. Oleh karena itu penulisan feature membutuhkan kreatifitas dari si penulis.

Jenis-jenis feature diantaranya adalah :

1. Feature Berita (news feature) : isinya adalah peristiwa aktual. Biasanya feature jenis ini merupakan pengembangan dari sebuah straight news, dengan membuka informasi latar belakang masalahnya agar pembaca mendapatkan pemahaman lebih jelas tentang unsur how dan why atau duduk perkara sebuah peristiwa.

2. Feature Artikel : berisi tentang pemikiran, gagasan, atau ilmu pengetahuan yang dikemas secara ringan dan menghibur.

3. Feature Biografi (profile) : bercerita tentang pribadi-pribadi menarik, sosok ternama, atau public figure. Misalnya riwayat hidup pendek seorang tokoh yang meninggal, seseorang yang berprestasi, atau seseorang yang memiliki keunikan sehingga memiliki nilai berita yang tinggi.

4. Feature Human Interest : menceritakan tentang kisah hidup anak manusia. Penulisannya lebih dititik beratkan pada tingkah laku hidup bukan person, sehingga kemudian tulisan tersebut menyentuh atau membangkitkan keharuan, kegembiraan, kejengkelan atau kebencian, simpati dan lain-lain.

5. Feature Pengalaman Pribadi : berisi cerita pengalaman penulisannya yang unik atau lucu namun tetap bernilai jurnalistik.

6. Feature Perjalanan atau Petualangan : berupa catatan perjalanan, laporan peristiwa kunjungan, atau petualangan ke sebuah tempat.

7. Feature Sejarah : bercerita tentang peristiwa masa lalu, dengan memunculkan tafsir baru sehingga tetap terasa aktual untuk masa kini.

8. Feature Promosi : feature yang memperkenalkan atau mengekspos suatu produk atau ide baru.

9. Feature Gaya Hidup (Trend) : Menuturkan kisah sekelompok anak manusia yang berubah gaya hidupnya dalam suatu proses transformasi sosial-budaya.

Panjangnya feature tidak dibatasi, sampai dengan saat ini belum ada ketentuan mengenai panjang dan pendeknya sebuah feature. Semua tergantung pada aspek yang akan diungkap. Feature yang baik adalah yang berisi fakta-fakta, maka dibutuhkan investigasi mendalam untuk mengumpulkan bahan tulisan. Biasanya sebelum orang menulis novel mereka bisa belajar terlebih dahulu membuat feature. Tahapan ini berguna untuk mengasah kepiawaian si penulis. Baik dari segi mengolah tata bahasa juga mengembangkan imajinasi. So, tunggu apalagi... buka laptopmu dan mulailah menulis. (RES)

*Bahan dikutip dari berbagai sumber

Leave a review