Belajar Nulis Resensi
March 3, 2015
Belajar Nulis Resensi
Bulan maret dan april ini Bitread mengadakan lomba resensi buku yang ditujukan bagi para pembaca setia Bitread, buat kamu yang belum pernah menulis resensi dan masih bingung gimana buat resensi, Bitread buat sedikit ulasan mengenai resensi nih. Menurut kamus besar bahasa Indonesia resensi adalah pertimbangan atau pembicaraan tentang buku. Resensi sebenarnya berasal dari bahasa Latin, yakni revidere (re= kembali dan videre= melihat) atau recensere, yang artinya melihat kembali, menimbang atau menilai. Dalam bahasa Belanda dikenal kata recensie, sedangkan dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah review.

Dalam menulis resensi terdapat langkah-langkah atau teknik menulisnya, yakni :
1. Mengenali fisik buku (identitas buku) Sebutkan identitas buku secara lengkap seperti yang telah dijelaskan di atas!
2. Mengemukakan tujuan penulisan buku Tujuan penulisan buku adalah tujuan yang tercantum dalam buku yang akan diresensi/tujuan yang dikemukakan oleh penulis/pengarang buku.
3. Mengemukakan keunggulan dan kelemahan buku Kemukakan keunggulan dan kelemahan buku apa adanya sesuai dengan penilaian penulis resensi.
4. Menuliskan ikhtisar isi buku Ikhtisar isi buku sangat penting dalam sebuah resensi agar pembaca dapat mengetahui garis besar isi buku tersebut.
5. Mengenal pasar/pembaca dari buku tersebut Penulis resensi harus dapat menyimpulkan jenis buku yang diresensinya sehingga dapat memberikan rekomendasi mengenai pasar/pembaca tersebut dari kalangan mana.

Jenis-jenis Resensi dibagi menjadi tiga, yaitu:
1. Resensi Informatif, yaitu resensi yang hanya menyampaikan isi dari resensi secara singkat dan umum dari keseluruhan isi buku.
2. Resensi Deskriptif, yaitu resensi yang membahas secara detail pada tiap bagian atau babnya.
3. Resensi Kritis, yaitu resensi yang berbentuk ulasan detail dengan metodologi ilmu pengetahuan tertentu. Isi dari resensi biasanya kritis dan objektif dalam menilai isi buku. Namun, ketiga jenis resensi di atas tidak baku karena bisa saja dalam sebuah resensi ketiganya diterapkan secara bersamaan.

Kenapa sih kita harus buat resensi, tujuan dan manfaatnya apa? tujuan dan manfaatnya adalah :
1. Membantu pembaca mengetahui gambaran dan penilaian umum dari sebuah buku atau hasil karya lainnya secara ringkas.
2. Mengetahui kelebihan dan kelemahan buku yang diresensi.
3. Mengetahui latar belakang dan alasan buku tersebut diterbitkan.
4. Menguji kualitas buku dengan membandingkan terhadap karya dari penulis yang sama atau penulis lainnya.
5. Memberi masukan kepada penulis buku berupa kritik dan saran terhadap cara penulisan, isi, dan substansi buku.

Setiap media massa mempunyai pola sendiri dalam penulisan resensi. Akan tetapi pola-pola tersebut tetap mengandung unsur-unsur resensi pada umumnya meliputi judul resensi, data buku, pendahuluan, tubuh atau isi pernyataan, dan penutup. Judul resensi haruslah selaras dengan keseluruhan isi resensi dan tentu saja menarik. Dalam unsur yang kedua, data buku, terdiri dari (1) judul buku, (2) pengarang, (3) penerbit, (4) tahun terbit beserta cetakannya, (5) tebal buku, dan (6) harga buku (jika diperlukan). Unsur tubuh resensi merupakan bagian inti dari suatu resensi. Bagian ini memuat diantaranya (1) sinopsis atau isi buku secara kronologis, (2) ulasan singkat buku dengan kutipan secukupnya, (3) keunggulan buku, (4) kelemahan buku, (5) rumusan kerangkan buku, (6) tinjauan bahasa, dan (7) adanya kesalahan cetak. Terakhir, unsur penutup resensi biasanya berisi buku itu penting untuk siapa dan mengapa. Pendapat ini senada dengan pendapat Saryono (1997:68), tetapi Saryono menambahkan unsur penulis resensi setelah unsur penutup resensi. (RES)

Leave a review