Jenis-jenis Buku Ilmu Pengetahuan
February 11, 2019
Jenis-jenis Buku Ilmu Pengetahuan
Buku ilmu pengetahuan adalah buku yang berisi informasi mengenai pengetahuan yang sifatnya belum banyak diketahui oleh masyarakat secara umum. Terdapat beragam buku ilmu pengetahuan yang bisa kita temui di pasaran. Buku-buku itu sangat berguna untuk menambah wawasan tentang berbagai hal yang pastinya akan sangat bermanfaat suatu saat.
 
Jenis-jenis buku pengetahuan amat beragam. Dilihat dari isi hingga tujuan ditulisnya, buku ilmu pengetahuan terdiri dari:
  1. Ensiklopedia. Menurut Wikipedia, ensiklopedia adalah karya referensi atau ringkasan yang menyediakan rangkuman informasi dari semua cabang pengetahuan atau dari bidang tertentu. Contohnya, Ensiklopedia Anggota Tubuh, Ensiklopedia Penemu Dunia, dan masih banyak contoh lainnya.
  2. Biografi, berisi kisah perjalanan hidup seseorang. Biasanya, buku ini bercerita tentang kehidupan seorang tokoh.
  3. Buku sejarah. Dari namanya saja kita pasti sudah tahu buku ini menceritakan sejarah, bisa dari suatu bangsa atau asal usul suatu daerah.
  4. Pengetahuan alam, berisi tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan alam.
 
Masih banyak ragam buku ilmu pengetahuan yang lain. Salah satu yang termasuk dalam jenis buku ini adalah hilirisasi. Apa yang dimaksud dengan hilirisasi?
 
Hilirisasi riset adalah mengubah hasil riset, baik berupa laporan, karya ilmiah, atau skripsi dan tesis menjadi buku populer yang bisa dinikmati orang banyak. Tentunya dengan bahasa yang lebih mudah dipahami. Bukan lagi menggunakan bahasa yang kaku seperti dalam karya ilmiah.
 
Apa manfaat dari hilirisasi riset ini? Dengan mengubah hasil riset menjadi buku ilmu pengetahuan populer, akan lebih banyak masyarakat yang dapat memahami isinya. Hal ini tentu akan berdampak secara nyata dalam kehidupan sehari-hari.
 
Sudah banyak buku hilirisasi riset yang diangkat menjadi buku ilmu pengetahuan populer, contohnya buku berjudul Teori Bolu Bantat yang diterbitkan oleh Bitread. Buku tersebut diangkat dari sebuah penelitian tentang pembelajaran berbasis masalah. Teori Bolu Bantat akan sangat bermanfaat bagi kalangan pengajar seperti guru, dosen, dan lain sebagainya.
 
Semakin banyak jenis buku ilmu pengetahuan yang bisa menjadi referensi bagi kita. Tinggal kita menentukan buku mana yang  cocok dengan kebutuhan.

Leave a review