Menurut buku Dasterpreneurship karya Lina Aulina yang diterbitkan
Bitread untuk menjadi seorang businessman berikut langkah-langkahnya :
1. Temukan Titik
Besarnya sebuah bisnis tak terlepas dari kejelian kita untuk memanfaatkan peluang yang ada di depan mata. Kejelian ini ditunjang dengan upaya penetrasi pemasaran yang efektif untuk meraih keuntungan yang besar dari ceruk pasar yang ada. Intinya, kita harus mencari sebuah “titik” spesifik sebagai ceruk pasar produk.
2. Problem and Need
Saat menemukan suatu permasalahan di lingkungan sekitar namun kita sulit untuk mendeskripsikannya, bisa jadi masalah tersebut bukanlah suatu masalah yang penting. Namun sebaliknya, jika kita dengan mudah mendeskripsikan suatu masalah, maka bisa jadi dari titik itulah potensi terbesar titik awal dibangunnya bisnis kita.
3. Deep Investigation
Setelah memetakan masalah dan mendeskripsikannya dengan jelas, saatnya untuk melakukan investigasi lebih dalam dengan menyusun sederet pertanyaan sederhana tentang permasalahan tersebut. Membuat pertanyaan-pertanyaan ini berfungsi untuk mengerucutkan gagasan kita tentang ide mengenai usaha apa yang akan kita bangun.
4. Bangun Kekuatan
Pada tahap ini, kita akan mengecek seberapa tangguhnya bisnis yang akan kita jalani. Kita akan membangun peta menuju medan perang ini. Pada tahap ini juga kita akan mengidentifikasi hal apa saja yang diperlukan oleh bisnis kita, mulai sumber daya utama hingga sumber-sumber pemasukan kita. Para entrepreneur lazim menggunakan Business Model Canvas dalam melakukan hal ini.
5. Tetapkan Proyeksi
Tentukanlah target atau proyeksi yang terukur dari setiap aspek bisnis kita. Dengan membuat proyeksi ini, kita akan memperoleh gambaran mengenai seberapa besar pemasukan yang dapat diterima oleh bisnis kita.
6. Bangun Strategi Perang