Tips Menjadi Marketing Komunikasi Hotel Yang Baik
April 5, 2019
Tips Menjadi Marketing Komunikasi Hotel Yang Baik
Indonesia menjadi 10 negara yang terpilih sebagai destinasi dunia paling populer. Data Instagram yang dilansir travelandleisure sampai pada pertengahan tahun 2017 menyebutkan 10 negara terfavorit untuk dikunjungi, di antaranya, Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Italia, Spanyol, Brazil, Singapura, Swiss, Hongkong, dan Indonesia. Keadaan inilah yang membuat industri pariwisata tumbuh dengan pesat di Indonesia.
 
Perkembangan pariwisata di Indonesia tak luput dari peran Marketing Communication Hotel.  Menjadi marketing di bidang pariwisata memiliki tantangan tersendiri. Marketing komunikasi perusahaan seperti hotel harus menyadari kelebihan-kelebihan yang bisa menjadi keuntungan hotel tersebut.  
 
Menurut Kotler dan Keller dalam buku Marketing Management (2016) komunikasi pemasaran atau lebih dikenal dengan marketing communications adalah sarana yang digunakan untuk menginformasikan, mempersuasikan dan meningkatkan konsumen. Baik secara langsung maupun tidak langsung, mengenai produk dan merek-merek yang dijual. 
 
Marketing komunikasi secara langsung berupa:
  1. Komunikasi
Komunikasi yang baik sebagai seorang marketing sangat berpengaruh dari bagaimana respon konsumen atau mitra kepada produk atau merek yang kita pasarkan. Jika komunikasi kita tidak baik otomatis mereka tidak akan tertarik. 
  1. Pelayanan
Pelayanan adalah hal yang utama bagi hotel. Hotel harus memberikan kenyamanan bagi mereka yang menginap di sana.
  1. Fasilitas yang baik
Fasilitas di hotel merupakan hal utama yang dilihat oleh pengunjung. Dengan fasilitas yang baik, pengunjung akan kembali.
  1. Produk unggulan
Produk unggulan adalah ciri khas dari suatu perusahaan seperti hotel. Produk unggulan dari hotel dapat bermacam-macam, dari mulai penyediaan ruang meeting yang luas dan nyaman, kamar dengan fasilitas yang terbaik, masakan yang enak, dan pelayanan.
 
Adapun, marketing komunikasi secara tidak langsung terdiri dari:
  1. Online travel agent
Online travel agent adalah penyedia jasa informasi berbasis internet yang dapat mudah diakses siapa pun.  Online travel agent merupakan gerbang utama daya tarik wisatawan.  Sebagai seorang marketing komunikasi, penting sekali memahami bagaimana mempromosikan hotelnya dalam travel agent tersebut. 
Contohnya: booking.com, traveloka, agoda, pegipegi.com, misteraladin, trivago, tripadvisor, dan tiket.com.
  1. Media Sosial 
Media sosial juga memiliki peran yang besar dalam promosi hotel. Lewat media sosial,  seorang marketing dapat mengemas produk unggulan, pelayanan, dan fasilitas hotel menjadi lebih menarik. Informasi tentang event dapat lebih mudah tersebar kepada masyarakat. Marketing komunikasi juga dapat lebih mudah memahami tren kekinian yang dapat diterapkan di hotel tersebut. 
  1. Promosi event
Promosi event ini berguna agar hotel tidak menjadi tempat monoton hanya sebagai sebuah penginapan. Hotel dapat menjadi tempat kumpul, meeting dan hiburan. Promosi event ini memancing pengunjung untuk menikmati liburannya. Event yang bisa dilakukan adalah live music atau Barbeque Vaganza. 
  1. Kuliner
Kuliner yang enak dapat menjadi media promosi marketing komunikasi. Kuliner yang dibuat oleh koki-koki terbaik dapat digunakan sebagai pemancing pengunjung. Tidak perlu harus menginap, tapi mendatangi restoran hotel hanya untuk mencicipi ciri khas  kuliner di hotel tersebut sudah menjadi daya tarik bagi hotel. 
  1. Live Music
Siapa yang tidak suka musik? Musik sudah menjadi kehidupan bagi sebagian orang. Live music dapat menjadi event yang menarik bagi hotel. Dengan mengundang pemusik terkenal hingga indie untuk tampil di akhir pekan dapat menarik pengunjung untuk lebih mengenal hotel yang kita promosikan. Menghidupkan restoran hotel dengan live music, kenapa tidak?

Sumber buku : Komunikasi Pariwisata, Media, dan Budaya karya Jenny Ratna, dkk. diterbitkan Bitread, 2018.

 

Leave a review