Asyik Baca Ebook atau Cetak?
May 24, 2019
Asyik Baca Ebook atau Cetak?
Seiring perkembangan zaman, segala sesuatu dalam hidup kita seolah berubah menjadi serba online. Mulai ojek, pemesanan makanan, tiket pesawat, hingga bacaan telah bermetamorfosis ke bentuk digital. Dengan semakin menjamurnya buku digital atau ebook, kita pun bisa membaca buku melalui gawai.
 
Namun, apakah baca buku online lebih menyenangkan daripada buku cetak? Beberapa orang mungkin lebih menyukai buku cetak daripada ebook. Alasannya, selain karena faktor kesehatan mata, baca buku melalui gawai tidak senyaman ketika membaca buku cetak.
 
Apa saja kelebihan dan kekurangan baca ebook jika dibandingkan dengan buku cetak?
 
  1. Kelebihan Ebook
  • Mudah dibawa ke mana saja, sehingga menghindarkan kita dari sebutan kutu buku. Padahal, tidak ada salahnya, ya, dengan sebutan itu.
  • Ringan. Apabila dibandingkan dengan buku cetak, ebook jauh lebih ringan. Paling beratnya hanya 200 gram. Bandingkan dengan buku cetak yang memiliki berat sampai 500 gram bahkan lebih.
  • Lebih murah. Ebook jelas memiliki harga yang jauh lebih murah. Hal ini karena ebook tidak memerlukan biaya produksi dan distribusi. Ini juga yang menjadi pertimbangan banyak penerbit mulai melirik versi ebook.
  • Awet dan ramah lingkungan. Karena tidak terbuat dari kertas, ebook lebih awet dan aman dari ancaman ngengat atau serangga sejenis. Ebook juga ramah lingkungan, lo.
 
  1. Kekurangan Ebook
Selain kelebihan, tentu ebook juga memiliki beberapa kekurangan, di antaranya :
  • Merusak mata. Radiasi gawai tempat kita menyimpan ebook tentu dapat merusak dan mengganggu kesehatan mata. Hal ini akan sangat merugikan di kemudian hari.
  • Tidak bisa dipegang. Pecinta buku cetak tentu tahu, ada kenikmatan tersendiri kala memegang buku cetak. Bahkan terdapat beberapa orang yang sangat menyukai aroma buku yang baru dibuka segelnya. Hal ini tidak akan bisa didapat kalau kita membeli ebook.
  • Ukuran huruf kecil. Sebenarnya, ini bukan masalah besar. Kita bisa saja memperbesar tampilan di gawai kita. Namun, beberapa orang mengeluhkan ukuran huruf yang dianggap mengganggu kenyamanan mereka ketika membaca.
 
Segala sesuatu memang mempunyai kelebihan dan kekurangan. Begitu juga dengan ebook. Apapun yang menjadi pilihan, baik ebook atau buku cetak, bukanlah alasan untuk berhenti membaca. Karena dengan membaca, kita bisa menjelajahi dunia. Tetap semangat, ya!  

Kontributor : Sri Kuswayati 

Leave a review