Penerbit Indie, Membantu Penulis Pemula Berkarya
May 26, 2019
Penerbit Indie, Membantu Penulis Pemula Berkarya
Sebagian besar orang menganggap bahwa penulis sejati adalah mereka yang sudah menerbitkan karya dalam bentuk buku. Hal inilah yang membuat semangat para penulis pemula padam perlahan. Padahal sebenarnya ketika kamu sudah rutin menulis di media online, tetap pantas disebut penulis, lo.
 
Menurut KBBI, penulis adalah orang yang menulis atau pengarang. Jadi, selagi semangat menulismu terjaga dan konsisten dalam berkarya, predikat penulis tak perlu malu untuk kamu sandang. Duh, tapi aku masih tetap pengin punya buku solo, nih! Kok ngirim ke penerbit mayor enggak tembus-tembus, ya?
Hiks ….Stop galaumu, ya. Kini kamu tidak perlu bersusah payah untuk dapat menerbitkan buku solo pertamamu! Coba lempar naskahmu ke penerbit indie. Inilah beberapa keuntungan yang akan kamu peroleh.
 
  1. Menerbitkan Buku Mudah dan Cepat
Demi produktivitas, para penulis pemula berlomba-lomba menerbitkan buku solo melalui berbagai cara. Sayangnya, jalur mayor dengan antrean mengular, tak jarang membuat penulis pemula gemas serta hilang kesabaran. Terlebih masih ada kemungkinan naskah mengalami penolakan. Duh, sudah mengantre lama, eh, naskah ditolak. Sedihnya berlipat ganda, kan? Nah, ketika kamu memutuskan bekerja sama dengan indie publishing, naskahmu adalah milikmu sepenuhnya.
 
Di Penerbit Bitread misalnya, kamu hanya perlu menyetorkan “naskah bersih” yang bebas dari kesalahan ketik serta kalimat atau kata-kata tidak efektif. Urusan promosi pun ada di bawah kendalimu. Bitread hanya akan melakukan screening atau pengecekan guna memastikan naskah sesuai dengan ketentuan penerbit yaitu bebas dari isu SARA, nonplagiat, serta menggunakan bahasa yang sesuai dengan target pembaca.
 
  1. Pendapatan yang Lebih Besar
Indie publishing menawarkan royalti yang lebih besar yaitu sekitar 20-50% dibandingkan penerbit mayor yang hanya 7-15%. Besarnya pendapatan yang kamu terima tatkala menerbitkan buku melalui jalur mandiri dikarenakan semua biaya hingga buku terbit ditanggung oleh penulis. Sementara saat menggandeng penerbit mayor, kamu tidak  harus mengeluarkan biaya sepeser pun.
 
Karya yang terlahir dari kreativitas para penulis pemula, tidak kalah keren, lo, dari mereka yang sudah senior. Maka, sayang bila karya hebat tersebut hanya mengendap di laptop. Yuk, terbitkan naskah kecemu melalui Bitread, penerbit indie sahabat setia semua writer.

Kontributor : Sri Kuswayati 

Leave a review