Inkubator Literasi: Satu Sekolah Satu Buku
June 18, 2019
Inkubator Literasi: Satu Sekolah Satu Buku
Bangsa yang maju adalah bangsa yang mencintai buku. Membaca adalah jendela dunia. Sementara aktivitas menulis merupakan langkah awal membuka jendela tersebut. Gerakan literasi sedang menjadi perhatian dunia pendidikan saat ini. Akan jadi kebanggaan tersendiri, jika satu buku kumpulan tulisan hasil karya siswa atau guru dalam satu sekolah bisa diterbitkan. Penerbit Bitread punya program yang sangat mendukung gerakan literasi ini.
 
Program menulis Bitread ini bernama SATU SEKOLAH SATU BUKU. Program literasi ini  memfasilitasi siswa atau guru di satu sekolah untuk menerbitkan satu buku kumpulan cerita. Tidak sekadar membantu menerbitkan, tapi program ini juga membimbing para siswa sejak awal menulis hingga buku cetak ada dalam pelukan mereka.
 
Berdurasi selama delapan minggu, program SATU SEKOLAH SATU BUKU ini diawali dari tahapan seleksi. Setelah sekolah dinyatakan lolos, berikutnya akan dilakukan one day workshop. Pada tahap ini, peserta bakal dibekali dengan materi yang berhubungan dengan menulis buku.
 
Tak hanya sampai di situ, program ini masih dilanjutkan dengan bimbingan mengenai proses penerbitan buku. Selanjutnya, tahap eksekusi, di mana siswa atau guru mulai menuliskan cerita mereka. Di sini mereka diberi kebebasan menuangkan setiap ide yang ada dalam kepala mereka. Tahap akhir yaitu proses penerbitan.
 
Seperti yang sudah berjalan di Pesantren Daar El Qalam, Tangerang, Banten. Para santri sangat bersemangat dalam menuliskan kisah mereka. Program ini sudah menghasilkan sebuah buku berjudul Santrilicious, yang memuat 25 karya para santri.
 
Program menulis Bitread ini diharapkan bisa menjadi 'roket' yang akan melejitkan program literasi sekolah. Satu karya yang bagus akan memancing kreativitas hebat lainnya. Bitread mendukung kegiatan literasi, karena kemajuan suatu bangsa selalu disumbang oleh kedekatan yang baik dengan dunia literasi.
 
Bagaimana bila ingin mengikuti program menulis Bitread ini? Sekolah bisa mendaftar melalui narahubung Bitread di 0838-9079-0002 atau langsung mengunjungi laman www.bitread.id. Mari memajukan bangsa melalui gerakan menulis Bitread “Satu Sekolah Satu Buku”. Sebuah gerakan yang akan mendorong kemajuan bangsa yang kita cintai.   

Leave a review