Aturan 3/10/18 yang Akan Membuat Presentasimu Menarik!
February 28, 2020
Aturan 3/10/18 yang Akan Membuat Presentasimu Menarik!
Konsentrasi audiens pada materi yang Anda sampaikan sangatlah penting. Tanpa adanya konsentrasi dan fokus dari audiens, sulit bagi mereka untuk bisa memahami materi yang telah Anda sampaikan. Di samping itu, kita tidak dapat pungkiri bahwa audiens pun sebagai manusia memiliki keterbatasan dalam menjaga konsentrasinya. Banyak faktor yang bisa mengganggu tingkat konsentrasi mereka, seperti mengantuk, bunyi handphone, audiens yang mengobrol atau gangguan lainnya. Oleh karenanya, sebagai pembicara Anda harus memiliki strategi agar konsentrasi audiens tetap berada pada tingkat seharusnya.

Strategi untuk mempertahankan konsentrasi audiens kita sebut sebagai aturan 3/10/18. Dalam aturan ini, sebagai pembicara Anda harus mampu memberikan sesuatu hal yang menarik setiap 3 menit waktu presentasi berlalu. Ini kita bertujuan agar audiens tetap bertahan untuk mendengarkan Anda.

Tidak cukup dengan hal menarik di setiap 3 menitnya, dalam aturan ini sebagai pembicara Anda harus menyajikan hal baru juga di setiap 10 menitnya. Setelah itu, aturan terakhir adalah Anda perlu menyajikan ide-ide besar di setiap 18 menitnya. Dengan aturan ini, Anda dituntut untuk menguasai materi presentasi dengan komprehensif disertai banyak contoh-contoh yang berkaitan dengan materi itu. Anda pun disarankan untuk memperbanyak cerita-cerita inspiratif dan memiliki insight agar tujuan kita menjaga konsentrasi audiens bisa tercapai dengan baik.
 
 
Sumber: Buku 7 Journeys of Successful Public Speaker, karya Diaz Bonny, diterbitkan Bitread 2019

Leave a review