4 Tips Jitu Mengatasi Writer’s Block Saat Menulis
November 25, 2022
4 Tips Jitu Mengatasi Writer’s Block Saat Menulis

Apakah kamu pernah merasa tulisan hancur, kehilangan ide cerita, dan mengalami kebuntuan dalam melanjutkan tulisannya?

Kondisi inilah yang dinamakan writer block. Keharusan untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas setiap hari dengan tenggat waktu yang terbatas, dapat menimbulkan penulis mengalami writer block.

Hal yang parah jika writer block tidak teratasi adalah munculnya rasa malas untuk menulis sehingga berakibat pada tidak selesainya naskah sesuai tenggat waktu yang ditentukan.

Nah, berikut beberapa tips jitu untuk mengatasi writer block saat menulis yang bisa kamu coba.

 

1. Melakukan Hal yang Menyenangkan

 

Kamu bisa menyegarkan kembali pikiran yang penat dengan melakukan hal-hal menyenangkan. Buatlah pikiran tenang dengan melakukan beberapa aktivitas. Misalnya, healing bersama sahabat, travelling menikmati alam, hingga menonton film. Pikiran yang segar dan tenang merupakan kunci utama untuk mengatasi writer block saat menulis
.

2. Membaca Buku dan Artikel di Situs Website


Membaca buku dapat membantu kamu mengumpulkan ide dan inspirasi. Kamu dapat mendapatkan berbagai informasi dan wawasan baru dengan membaca buku. Salah satunya yaitu dengan membaca buku-buku terbitan Bitread. Selain itu, membaca buku juga dapat memperkaya kosa kata dan sudut pandang.

Sehingga, kreativitas dalam menulis akan mengalir kembali. Membaca artikel di situs website juga dapat menambah informasi terkait topik yang kamu tulis. Semakin lengkap informasi yang didapat, semakin akurat juga tulisan yang kamu buat.


3. Menulis Dengan Teknik Menulis Bebas

 

Teknik menulis bebas cukup mudah untuk dicoba oleh seorang penulis yang umumnya berpikir dan dominan menggunakan otak kiri. Perlu diketahui menulis bebas adalah menulis apa pun yang kamu suka atau hal apa pun yang ada di pikiranmu.

 

Menulis bebas dapat membantu otak mencari kata-kata yang sebenarnya sudah lama ada di kepala dan memberikan tempat untuk kata-kata tersebut di dalam tulisan.


4. Berdiskusi

 

Mencoba berdiskusi atau mengobrol dengan orang di sekitar dapat menghilangkan rasa jenuh. Selain itu juga dapat menambah inspirasi dalam menulis. Sering kali kamu dapat mendengarkan pendapat dan pengalaman orang lain saat berdiskusi. Hal ini bisa memperkaya sudut pandang dan pengetahuanmu, sehingga writer block teratasi.

 

Nah, kini saatnya percaya dengan kemampuanmu sendiri agar dapat mengatasi writer block dengan mudah. Selamat menulis dan tetap kreatif! 

 

Sumber: https://bitread.id/blog/2018/11/6-tips-mengatasi-writer-block

Penulis : Aditya Putra Pratama Santosa

Leave a review