5 Trik Jitu Hasil Riset Jadi Artikel Ilmiah Populer
November 28, 2022
5 Trik Jitu Hasil Riset Jadi Artikel Ilmiah Populer

Kesulitan terbesar dalam menulis adalah memulai sedini mungkin untuk menulis. Untuk mengatasi hal itu, kita perlu membangun kebiasaan menulis serta membangun mental yang kuat saat tulisan kita ditolak.

Bagi kalangan akademisi, menulis dan melakukan riset ilmiah merupakan hal lumrah yang harus dilakukan. Namun, sering kali hasil riset masih sulit dipahami oleh orang-orang awam dengan bidang tersebut. Sehingga, dalam memudahkan banyak orang untuk membaca dan memahami hasil riset, diperlukan pengubahan menjadi artikel ilmiah populer.

Perlu diketahui artikel ilmiah populer merupakan suatu karya yang ditulis dengan bahasa yang populer sehingga mudah dipahami oleh masyarakat dan menarik untuk dibaca. Jadi, artikel ilmiah populer itu pada dasarnya hampir sama dengan artikel ilmiah murni karena sama-sama menyajikan fakta apa adanya.

Berikut ini adalah 5 trik jitu yang bisa dipakai untuk menulis artikel ilmiah populer yang baik. Simak yuk!

  • Judul yang menarik dan bikin penasaran

Judul merupakan bagian tulisan yang pertama kali dilihat oleh para pembaca. Pastikan judul pendek dan menggunakan kalimat aktif, sehingga daya tarik dan rasa penasaran untuk membaca lebih kuat.

  • Awasi panjang tulisan

Artikel ilmiah populer seharusnya tidak dibuat terlalu panjang dan bertele-tele. Cukup berikan poin penting dari penelitian yang sudah dilakukan, meliputi latar belakang, metode, dan hasil penelitian secara singkat dan jelas. Panjang artikel yang ideal yaitu sekitar 600 hingga 700 kata.

  • Gunakan bahasa yang ringan

Penulisan artikel ilmiah populer memiliki tujuan yaitu memperkenalkan hasi penelitan kepada orang-orang awam. Maka dari itu, bahasa yang digunakan harus ringan, jelas, dan sederhana. Tujuannya agar pembaca dapat mengetahui dan memahami inti tulisan.

  • Perhatikan struktur penulisan

Penulisan artikel ilmiah populer juga harus memperhatikan susunan atau struktur penulisan. Yakni dari segi pemakaian judul yang menarik, susunan isinya, hingga bagian penutup harus diperhatikan dengan baik. Hal ini dilakukan agar menarik minat pembaca untuk mengetahui isi artikel yang kita bahas.

  • Perhatikan nilai aktualitas

Salah satu hal penting untuk menjadikan sebuah hasil riset menjadi artikel ilmiah populer adalah harus bersifat aktual atau sedang marak diperbincangkan oleh masyarakat maupun pengambil kebijakan. Tak heran mengapa artikel ilmiah populer biasanya berisi tentang topik-topik hangat.

Itu dia trik jitu mengubah hasil riset menjadi artikel ilmiah populer. Gimana tertarik bukan?

 

Sumber: Penulisan Populer, karya Dalman. diterbitkan Raja Grafindo Persada, 2015

Penulis: Aditya Putra Pratama Santosa

Leave a review