Ini Manfaat Kerangka Karangan dalam Sebuah Tulisan, Penulis Wajib Tahu!
November 23, 2022
Ini Manfaat Kerangka Karangan dalam Sebuah Tulisan, Penulis Wajib Tahu!

Bulan Oktober ditetapkan sebagai bulan bahasa dan sastra Indonesia. Para akademisi hingga pemerhati bahasa merayakannya dengan menggelar berbagai kompetisi yang berkaitan dengan bahasa dan sastra Indonesia.Salah satunya adalah lomba menulis artikel.

 

Perlu diketahui bahwa sebuah artikel akan lebih baik dan sistematis jika disusun menggunakan kerangka. Namun, sebagian penulis masih kesulitan untuk membuat kerangka karangan.

 

Lalu apa sih kerangka karangan itu? Dan apa manfaat merumuskan kerangka pada sebuah tulisan? Yuk, mari simak dengan baik ulasan di bawah ini!

 

Kerangka karangan adalah tulisan yang memuat informasi beberapa garis besar artikel. Kerangka karangan secara umum dapat digambarkan sebagai daftar isi tulisan yang akan dibuat. Selain itu, kerangka karangan juga berfungsi agar pembahasan tidak keluar dari kerangka tulisan.

 

Oleh karena itu, membuat kerangka karangan merupakan hal yang sangat penting dan tidak boleh terlewatkan sebelum menulis karya tulis.

 

Dalam sebuah aktivitas menulis, membuat kerangka karangan merupakan suatu keharusan. Sebab, kerangka tulisan dapat bermanfaat bagi penulis dalam hal sebagai berikut:

 

  1. Mempermudah penulis menentukan suatu klimaks yang berbeda-beda.
  2. Mencegah adanya kesamaan pembahasan topik dengan tulisan yang sudah dibuat sebelumnya.
  3. Mempermudah penulis melengkapi topik dengan beberapa materi pelengkap.
  4. Membantu tulisan untuk lebih terarah dan sistematis.
  5. Mempermudah elaborasi antar-paragraf.
  6. Menjaga tulisan agar tetap pada tiap topik yang telah ditentukan.

 

Kerangka karangan perlu ditulis terlebih dahulu, karena atas dasar kerangka itu penulisan akan berjalan lancar. Apabila kerangka karangan diikuti dengan baik, maka Anda dapat berhenti sementara karena suatu sebab atau karena lelah. Kemudian melanjutkannya kembali tanpa menunggu terlalu lama “ide lanjutan” karena sudah diatur dalam kerangka karangan. 

 

Nah, itulah beberapa manfaat mengenai kerangka karangan dalam sebuah tulisan yang perlu Anda ketahui. Penting bagi seorang penulis untuk menjaga konsistensi tulisannya.

 

Bagaimana, setelah mengetahui manfaat di atas, apakah Anda sudah merasa lebih siap? Anda juga dapat membaca tulisan berkualitas untuk menemukan ide menulis Anda di https://bitread.id/

 

 

Penulis: Aditya Putra Pratama Santosa

Leave a review