10 Tokoh Millenial dalam Dunia Literasi di Indonesia
December 26, 2022
10 Tokoh Millenial dalam Dunia Literasi di Indonesia
Siapa yang saat ini menjadi tokoh millenial favoritmu dalam dunia literasi? Apakah itu penulis mancanegara? Di Indonesia masih banyak tokoh millennial yang giat bergerak dalam dunia literasi Indonesia dan karyanya layak dinilai terbaik sepanjang masa. Siapa saja mereka? Yuk, berkenalan dengan para tokoh millennial dalam dunia literasi di Indonesia.

1. Dee Lestari
Wanita yang bernama asli Dewi Lestari ini telah menulis beberapa karya buku yang mendapat apresiasi di berbagai ajang penghargaan. Pada tahun 2019, Dee Lestari ditunjuk sebagai salah satu perwakilan dari 12 penulis yang ikut mewakili Indonesia dalam London Book Fair 2019. Selain itu, Dee Lestari kerap berkecimpung dan aktif untuk mengembangkan dunia literasi Indonesia seperti saat menjadi juri ajang Kompetisi 500 Juta Kwikku 2021 serta beberapa webinar pelatihan kepenulisan.

2. Laksmi Pamuntjak
Wanita kelahiran Desember 1971 ini merupakan seorang novelis dengan beberapa karya yang sudah Go Internasional. Laksmi Pamuntjak juga termasuk dari 12 penulis yang mewakili Indonesia dalam London Book Fair 2019.

3. Trinity
Siapa yang tidak tahu sosok travel blogger ini? Selain aktf menulis sebagai travel bogger juga telah menerbitkan buku yang berjudul The Naked Traveler 1.  Selain itu, ia mendapatkan penghargaan Indonesia Leading Travel Writer dari Indonesia Travel & Tourism Awards.

4. Maudy Ayunda
Perempuan muda ini tidak hanya berprestasi di bidang akademik tapi juga literasi, salah satunya menulis buku yang berjudul Dear Tommorow dan Kina Makes a New Friend. Khususnya, Dear Tomorrow telah berulang kali cetak ulang dan masuk dalam jajaran bestseller.

5. Norman Erikson Pasaribu
Pria yang telah mendapatkan penghargaan Sastrawan Muda Asia Tenggara oleh Mastera (Majelis Sastra Asia Tenggara) pada tahun 2017 ini banyak melahirkan karya yang dibukukan. Salah satu bukunya berjudul Hanya Kamu Yang Tahu Berapa Lama Lagi Aku Harus Menunggu pada tahyn 2014.

6. Adimas Immanuel
Penyair puisi kelahiran tahun 1991 ini telah menghasilkan karya yang telah terbit di berbagai media. Beberapa kumpulan puisinya yaiyu Pelesir Mimpi (2013) dan Di Hadapan Rahasia (2016). Selain itu, Adimas pernah menghadiri ASEAN Literary Festival dan Ubud Writers and Readers Festival pada tahun 2015 dan Melbourne Emerging Writers Festival pada tahun 2016.

7. Sabda Armandio
Pria yang biasa disapa Dio ini aktif menulis beberapa buku novel yang banyak digemari para millennial. Salah satu bukunya berjudul 24 Jam Bersama Gaspar pada tahun 2017. Dio juga telah meraih gelar pemenang unggulan di Sayembara Penulisan Novel DKJ 2016.

8. Okky Puspa Madasari
Penulis yang terkenal akan karya yang mengandung kritik sosial untuk berbagai pihak ini, telah melahirkan buku popular bagi penikmat sastra. Karyanya yang berjudul Maryam telah berhasil memenangkan penghargaan Kusala Sastra Khatulistiwa 2012 dan dinobatkan sebagai penulis termuda yang meraih penghargaan tersebut. Karya lainnya juga telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, seperti Pasung Jiwa (Bound) dan Entrok (The Years of the Voiceless).

9. Bernard Batubara
Apakah masih ingat dengan Radio Galau FM? Novel yang telah diangkat ke layar lebar itu merupakan karya Bernard Batubara. Selain itu karya lainnya yaitu Kata Hati (2012) dan Luka dalam Bara (2017).

10. Dea Anugrah
Penulis asal Pangkalpinang kelahiran 27 Juni 1991 ini sudah banyak menelurkan karya, baik di media cetak maupun online. Salah satu karya fenomenalnya yaitu cerpen yang berjudul Bakat Menggongong.

Gimana? Sekarang kamu sudah mengetahui 10 tokoh millennial dalam dunia literasi di Indonesia. Jadi, siapakah tokoh favoritmu?
Penulis: Aditya Putra Pratama Santosa

Leave a review