8 Penulis Buku Asal Indonesia yang Sempat Menuai Kontroversi
December 26, 2022
8 Penulis Buku Asal Indonesia yang Sempat Menuai Kontroversi
Beberapa buku yang terbit di Indonesia pernah dicap sebagai buku terlarang. Hal ini disebabkan berbagai hal, salah satunya adalah penulis yang memiliki reputasi kontroversial karena ide-ide dalam bukunya dinilai menentang suatu tradisi atau ideologi. Selain itu, ada pula penulis yang kontroversi karena kepribadian penulisnya sendiri. Tetapi, tak jarang titel kontroversi ini membuat sebuah karya laris dipasaran karena mengundang rasa penasaran para pembaca.
Nah, dari 10 penulis buku-buku paling berpengaruh di Indonesia berikut ini, mana menurut kamu yang paling kontroversial?
 
1. Pramoedya Ananta Toer
 
Penulis yang terkenal karena novel Tetralogi Buru dengan tema utamanya adalah nasionalisme pada masa kebangkitan nasional. Terutama novel berjudul Bumi Manusia dan Anak Semua Bangsa yang sempat dilarang beredar karena dianggap menyebarkan ide-ide Marxisme-Leninisme.
 
2. Armijn Pane
 
Karya kontroversi yang pernah ditulis oleh Armijn Pane yaitu novel berjudul Belenggu. Novel ini disebut-sebut sebagai novel psikologis pertama oleh pengarang Indonesia. Belenggu menimbulkan pendapat pro dan kontra karena dituding menampilkan hal-hal tabu seperti perselingkuhan dan prostitusi.
 
3. I Wayan Artika
 
Penulis asal desa Batungsel, Bali, menggunakan desa kelahirannya sebagai latar cerita novel yang ia tulis dengan judul Incest. Novel ini menjadi kontroversi karena mengecam budaya tradisional Bali yaitu tradisi pengasingan dan pernikahan kembar buncing (bayi kembar beda jenis kelamin).
 
4. Achdiat Mihardja
 
Salah satu karya yang kontroversi Achdiat Mihardja yaitu novel berjudul Atheis. Novel ini bercerita tentang Hasan seorang muslim yang terpengaruh ide-ide Marxisme-Leninisme dari sahabatnya. Hal ini menuai protes dari golongan agama maupun pengamat ide-ide Marxis-Leninisme. Golongan agama menuding karakter Hasan dan doktrin-doktrin agama tidak dibahas secara mendalam. Sementara pengamat ide-ide Marxisme-Leninisme mengganggap ide-ide Marx dan Nietzsche dalam novel tersebut disalahartikan.
 
5. Ayu Utami
 
Penulis yang disebut-sebut menjadi penulis wanita Indonesia pertama membahas seks secara vulgar dan mengaitkannya dengan nilai-nilai tradisional. Salah satu karya kontroversinya yaitu novel berjudul Saman. Novel ini bercerita tentang Saman seorang pastur yang beralih menjadi aktivis dan juga menceritakan kehidupan empat wanita muda dengan pemikiran yang liberal mengenai seks
 
6. Ahmad Tohari
 
Penulis yang terkenal dengan novelnya yang berjudul Ronggeng Dukuh Paruk. Novel ini bercerita tentang perjalanan hidup Srintil seorang penari ronggeng yang menjadi saksi peristiwa G30 S/PKI. Selain itu, dalam novel ini menceritakan tentang pembunuhan orang-orang yang dianggap oknum PKI.
 
7. Buya Hamka
 
Siapa yang tak kenal dengan novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck? Novel karya Buya Hamka ini sempat menuai kontroversi karena dituding memiliki kemiripan cerita dengan Under The Limes karangan Jean Baptiste Alphonse Karr yang diterjemahkan oleh Lutfi al-Manfaluti dengan judul Magdalena.
 
8. H.B. Jassin
 
Salah satu buku yang pernah ia tulis berjudul Alquranul Karim- Bacaan Mulia. H.B. Jassin dalam buku tersebut melakukan puitisasi atas terjemahan Alquran.
 
Itulah 8 penulis Indonesia yang sempat menuai kontroversi. Anda tertarik mencoba membaca salah satunya?
 
Penulis: Aditya Putra Pratama Santosa

Leave a review