Tips BITREAD : Cara Menulis Daftar Pustaka Gaya Harvard Style
May 26, 2019
Tips BITREAD : Cara Menulis Daftar Pustaka Gaya Harvard Style
Dalam penulisan karya ilmiah, seperti skripsi, makalah, dan lain sebagainya, daftar pustaka menjadi bagian yang sangat penting. Daftar pustaka adalah suatu daftar yang berisikan judul buku, artikel, maupun bahan tulisan yang memiliki kaitan dengan karya ilmiah yang dibuat.
 
Ada beberapa cara penulisan daftar pustaka yang dipakai dalam buku karya ilmiah, di antaranya Turabian Style,  Harvard Style, Vancouver Style, American Psychological Association (APA) Style, Chicago Style, atau  Kombinasi dari berbagai style.
 
Pada Tips BITREAD kali ini, kita akan membahas tentang penulisan daftar pustaka dengan gaya Harvard Style. Aturan dalam penulisan daftar pustaka gaya Harvard Style adalah sebagai berikut :
  1. Penulisan daftar pustaka tidak perlu diberi nomor.
  2. Penulisan nama dibalik, nama keluarga atau suku kedua diletakkan di depan. Contoh, jika nama penulis Ganda Hadikusumo, maka pada penulisan daftar pustaka dibalik menjadi Hadikusumo, Ganda.
  3. Penulisan pustaka dibuat sesuai urutan abjad setelah nama pengarang dibalik.
  4. Apabila terdapat lebih dari dua penulis dalam satu buku, maka penulisan nama yang  dibalik hanya penulis pertama saja.
  5. Jika ada dua penulis dalam satu buku, penulisan nama disambung menggunakan kata hubung “dan”.
  6. Jika dalam satu buku ada lebih dari tiga penulis, gunakan kata “dkk” atau”et al”.
  7. Tidak perlu menuliskan gelar.
  8. Bila daftar pustaka tidak muat ditulis dalam satu baris, baris kedua menjorok ke depan dengan jarak yang sama antar barisnya.
  9. Apabila dalam sumber referensi ada lebih dari dua judul buku dengan penulis yang sama, yang disebut lebih dulu adalah buku terbitan yang lama. Nama penulis tidak perlu dicantumkan lagi, cukup ditulis dengan "-------".
  10. Sumber daftar pustaka  berupa artikel  diberi tanda petik, tidak usah dicetak miring.
  11. Sumber daftar pustaka berupa buku dicetak miring.
  12. Jika sumber referensi daftar pustaka diambil dari majalah atau koran, nama sumber harus dicetak miring.
Dengan banyaknya gaya penulisan daftar pustaka, Harvard Style bisa jadi pilihan bagi kita. Semoga tips menulis kali ini bermanfaat, ya.

Kontributor : Sri Kuswayati

Leave a review