BLOG » Lomba Bitread

WRITINGTHON DIKTI : INDONESIA UNTUK CITARUM HARUM

WRITINGTHON DIKTI : INDONESIA UNTUK CITARUM HARUM

Dalam rangka memperingati  HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2 Mei 2018, Bitread  mengadakan writingthon untuk kedua kalinya. Writingthon kedua ini terselenggaran atas kerjasama Bitread dengan Ristekdikti dengan mengangkat tema INDONESIA UNTUK CITARUM HARUM. Sungai citarum yang menjadi sumber kehidupan masyarakat Jawa barat telah mendapat predikat sungai terkotor di dunia yang diakibatkan oleh limbah pabrik dan sampah. Isu nasional ini menjadi perhatian berbagai pihak terutama dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Bersamaan dengan Hardiknas Kemenristekdikti 2018 yang diselengarakan 2 Mei 2018 di Universitas Padjadjaran Bandung; Kemenristekdikti  menginginkan para peserta writingthon adalah mereka yang berasal dari perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Perguruan tinggi sebagai tempat para peneliti dan akademisi yang memiliki banyak informasi serta solusi yang berguna dalam menanggulangi isu nasional yang terjadi ini. Harapannya lewat inspirasi yang ditulis akan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia demi mewujudkan Citarum Harum.

Alur Seleksi dan Program Writingthon Dikti :

  1. Peserta mengisi formulir dan mengirimkan karya melalui microsite http://bitread.id/writingthondikti
  2. Tulisan ditulis dengan gaya feature yang ringan, tetapi tetap mempertahankan kualitas informasi yang disajikan. (panjang artikel 1.500-2.000 kata, dapat disertai ilustrasi berupa foto atau grafis)
  3. Peserta dianjurkan untuk memublikasikan tulisan di blog atau media publikasi lainnya kemudian membagikan linknya di akun media sosial peserta dengan menandai akun :
a. Ristekdikti (IG: @ristekdikti),
b. Ditjen Sumber Daya (IG: @ditjensdid),
c. Bitread (IG: @bitread_id)
Dengan tagar #writingthondikti #bitreadpublishing
  1. Panitia akan melakukan seleksi naskah dan menentukan 20 peserta terpilih.
  2. Pengumuman seleksi akan dilakukan melalui media sosial dan surel
  3. Peserta yang terpilih dalam kegiatan Writingthon berhak mendapat hadiah, transportasi dan akomodasi, sertifikat, dan bukti terbit buku Writingthon Dikti.
Syarat dan Ketentuan Peserta  Writingthon Dikti :
  1. Peserta yang mengikuti Writingthon merupakan mahasiswa, dosen, tenaga pendidik PTN/PTS, dan peneliti yang dibuktikan dengan CV dan tanda pengenal.
  2. Peserta memilih salah satu kategori bidang yang telah ditentukan:
  1. mahasiswa (lingkungan-sosial/ekonomi),
  2. dosen dan tenaga pengajar (ekonomi/humaniora),
  3. peneliti (kesehatan/teknologi).
  1. Peserta memilih salah satu konsentrasi yang ditentukan:
  1. Perbaikan dan pelestarian
  2. Manfaat dan potensi.
  1. Tulisan yang dikirimkan merupakan karya orisinal peserta.
  2. Tulisan yang dikirimkan harus memuat referensi yang menguatkan dengan mencantumkan sumber pengutipan.
  3. Tulisan yang diikutsertakan dalam kompetisi merupakan tanggung jawab peserta. Panitia tidak melayani segala bentuk tuntutan dari pihak mana pun sehubungan dengan obyek gambar atau tulisan yang digunakan peserta.
  4. Peserta terpilih wajib mengikuti karantina Writingthon.

Sekarang saatnya Anda sebagai Peneliti, Dosen/Tenaga pengajar dan Mahasiswa di seluruh Indonesia untuk menjadi bagian dari perubahan lingkungan hidup di Indonesia. 

Daftar dan kirimkan tulisan Anda sekarang juga ke http://bitread.id/writingthondikti
 

 

Leave a review