• December 14, 2020 · Writingthon
    Berkat kolaborasi antara Disparbudpora Kabupaten Sumedang dan Bitread Publishing, terselenggaralah “Writingthon Sumedang”. Tujuan kegiatan ini untuk mempromosikan pesona dan potensi Sumedang. Harapannya, Sumedang semakin dikenal dan dilirik sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi, bukan hanya “jalur perlintas”.  Bagi warga Sumedang, Writingthon Sumedang diharapkan menjadi ajang kontribusi mereka dalam sebuah kolaborasi besar membangun daerah. Bagi masyarakat Indonesia secara umum, dapat menjadi upaya untuk menceritakan betapa kayanya Indonesia.
     
    Selengkapnya »
     
  • December 7, 2020 · Writingthon
    Siapa yang tak kenal dengan Sumedang? Daerah yang dikenal dengan tahu dan ubi cilembu sebagai makanan khasnya ini merupakan salah satu daerah yang sering dilewati para pengendara dari berbagai daerah, mengingat Sumedang merupakan salah satu jalur alternatif. Sayangnya, tak dapat dipungkiri bahwa pengunjung yang “sengaja” dating ke Sumedang terbilang cukup minim, tak banyak hal “menarik” yang melekat erat di benak masyarakat ketika berbicara mengenai Sumedang. Ini merupakan tantangan besar yang mau tidak mau harus dijawab oleh pemerintah Kabupaten Sumedang.
     
    Selengkapnya »
     
  • November 25, 2020 · Writingthon
    Writingthon, kependekan dari writing marathon, adalah sebuah program yang didesain khusus oleh Bitread Publishing. Bentuknya berupa kompetisi menulis yang disertai dengan karantina. Metode ini telah diterapkan dan berhasil melahirkan ratusan penulis dari berbagai bidang, latar belakang, dan profesi. Writingthon Sumedang akan memilih 5 orang pemenang untuk menjalani karantina di Sumedang selama tiga hari dua malam. Mereka akan diminta untuk  menjalankan tantangan penulisan yang diberikan.
     
    Selengkapnya »
     
  • January 13, 2020 · Writingthon
    Writingthon, kependekan dari writing marathon, adalah sebuah program yang didesain khusus oleh Bitread Publishing. Bentuknya berupa kompetisi menulis yang disertai dengan karantina. Metode ini telah diterapkan dan berhasil melahirkan ratusan penulis dari berbagai bidang, latar belakang, dan profesi. Writingthon Sumedang akan memilih 5 orang pemenang untuk menjalani karantina di Sumedang selama tiga hari dua malam. Mereka akan diminta untuk  menjalankan tantangan penulisan yang diberikan.
     
    Selengkapnya »
     
  • November 29, 2019 · Writingthon
    Garut Creative Hub, GNFI, Pemprov Jabar, dan Pemkab Garut, 2019

    Writingthon Jelajah Kota Garut adalah writingthon pertama yang mengangkat berbagai aspek dari suatu daerah. Tema yang diangkat dalam gelaran ini adalah pesona dan potensi Garut. Gelaran ini terlaksana berkat kolaborasi Bitread dengan Garut Creative Hub, Good News From Indonesia, Pemprov Jabar, dan Pemkab Garut.
     
    Selengkapnya »
     
  • September 30, 2019 · Lomba Bitread
    Writingthon (writing marathon) adalah sebuah metode yang dikembangkan oleh BITREAD. Program ini bertujuan untuk memproduksi buku dengan tema tertentu dalam kurun waktu yang sangat singkat. Dalam waktu yang terbatas, diharapkan buku dapat dihasilkan oleh sekelompok peserta yang mengikuti program karantina. Peserta yang berhak mengikuti program karantina tersebut diseleksi melalui karya tulis yang dikirimkan pada tahap awal program. 
     
    Selengkapnya »
     
  • November 29, 2018 · Writingthon
    Kominfo, 2018

    Bersama Kementrian Komunikasi dan Informasi, Writingthon Asian Games terselenggara pada tahun 2018. Tujuannya, menyemarakkan even olahraga terbesar di Asia, Asian Games 2018. Dua orang dari setiap provinsi di Indonesia didatangkan ke Jakarta untuk mengikuti karantina. Dua judul buku terlahir dari program ini, Aku Bangga Asian Games di Negeriku dan Dukung Asian Games dari Daerahku.
     
    Selengkapnya »
     
  • November 29, 2018 · Writingthon
    Kemenristek, 2018

    Writingthon Citarum Harum adalah kompetisi menulis yang diselanggarakan oleh Bitread bersama Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Writingthon yang terselenggara pada tahun 2018 ini mengangkat tema tentang revitalisasi Sungai Citarum.
     
    Selengkapnya »
     
  • November 29, 2018 · Writingthon
    Puspitek, 2018

    Writingthon Innovation for All adalah gelaran writingthon kedua bersama Puspiptek yang terselenggara pada tahun 2018. Selama masa karantina, peserta ditantang untuk berkolaborasi dengan para peneliti guna menuliskan berbagai inovasi pada 8 fokus penelitian menuju Indonesia jaya.
     
    Selengkapnya »
     
  • May 2, 2018 · Lomba Bitread

    Sungai citarum yang menjadi sumber kehidupan masyarakat Jawa barat telah mendapat predikat sungai terkotor di dunia yang diakibatkan oleh limbah pabrik dan sampah. Isu nasional ini menjadi perhatian berbagai pihak terutama dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Perguruan tinggi sebagai tempat para peneliti dan akademisi yang memiliki banyak informasi serta solusi yang berguna dalam menanggulangi isu nasional yang terjadi ini. Harapannya lewat inspirasi yang ditulis akan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia demi mewujudkan Citarum Harum.

     
    Selengkapnya »
     
  • November 29, 2017 · Writingthon
    Puspitek, 2017

    Writingthon Inovasi Anak Negeri adalah gelaran writingthon pertama yang terselenggara pada tahun 2017 bersama Puspiptek. Pada gelaran ini, para peserta ditantang untuk menyerap informasi dan membuat tulisan terkait Puspiptek dan reaktor nuklir serbaguna.
     
    Selengkapnya »
     
  • August 9, 2017 · Artikel
    Bitread bersama PUSPIPTEK (Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) menyelenggarakan Writingthon. Jika para programmer punya Hackathon sebagai salah satu ajang yang bergengsi, para penulis pun kini punya ajang untuk membuktikan kemampuannya. Dengan kegiatan yang unik dan inovatif, Writingthon hadir bagi para penulis yang senantiasa antusias untuk menyumbangkan karyanya demi membangun literasi.
     
    Selengkapnya »