Suka Menulis Puisi? Ini 4 Manfaat Yang Kamu Dapatkan Jika Kamu Rajin Menulis Puisi
November 23, 2022
Suka Menulis Puisi? Ini 4 Manfaat Yang Kamu Dapatkan Jika Kamu Rajin Menulis Puisi

Tahukah kamu, Indonesia pada tiap bulan Oktober merayakan sebagai Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia? Mungkin peringatan Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia belum banyak diketahui sebagian besar masyarakat Indonesia.

Umumnya, para akademisi, pemerhati bahasa, penggiat bahasa, memperingatinya dengan berbagai kegiatan. Tujuannya untuk memperkenalkan kepada masyarakat mengenai adanya Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia. Salah satu kegiatan tersebut adalah lomba menulis puisi.

Puisi merupakan karya sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penulis ke dalam kata-kata yang indah serta menarik. Selain itu, puisi berperan sebagai salah satu wadah untuk menyampaikan ide terhadap suatu hal atau peristiwa.

Menulis puisi yang bermakna membutuhkan kemampuan handal dalam mengolah kata dan melihat situasi. Berikut merupakan 4 manfaat yang bisa didapatkan jika Anda rajin menulis puisi.

1. Meningkatkan Nilai Kreativitas Dalam Kepenulisan

Menulis puisi bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas, salah satunya adalah mengolah kata. Dalam menulis sebuah puisi dibutuhkan keterampilan dalam menyusun kata, rima yang tepat, dan gaya bahasa. Secara tidak langsung, Anda dilatih untuk merangkai kata-kata yang indah namun tetap bermakna dan singkat. 

2. Melatih Kesabaran Dan Perasaan Menjadi Lebih Baik

Terkadang menulis puisi muncul rasa jenuh, buntu, malas, dan tak bersemangat. Disinilah kesabaran penulis diuji untuk melahirkan karya puisi yang indah. Selain itu, menulis puisi mampu membuat perasaan penulis menjadu lebih baik. Hal ini disebabkan penulis bisa meluapkan emosi negatif yang ada dalam diri ke dalam kata-kata. Sehingga membuat diri bisa melihat masalah yang ada dengan jernih.

3. Meningkatkan Keberanian Dalam Bersuara

Menulis puisi merupakan wadah untuk mengungkapkan ide, kritik, gagasan, hingga nasihat berbagai aspek kehidupan di sekitar Anda. Hal ini dapat mengasah kemampuan berpikir kritis dan empati terhadap lingkungan sekitar. Sebab itu, dapat menjadi motivasi terkuat dalam setiap diri seseorang untuk berani menyuarakan kebenaran.

4. Berkesempatan Menambah Portofolio dan Penghasilan

Menulis puisi juga bisa menjadi wadah untuk menambah portofolio dan penghasilan Anda. Hal ini bisa diawali dengan mengirimkan ke berbagai media cetak maupun media online. Selain itu, Anda juga dapat mencoba mengikuti lomba menulis puisi yang biasanya banyak diselenggarakan pada bulan bahasa. Tipsnya adalah konsisten, mau belajar, dan pantang menyerah.

Nah sekarang Anda sudah mengetahui 4 manfaat jika rajin menulis puisi. Anda juga dapat mengembangkan kemampuan menulis puisi dengan membaca buku kumpulan puisi di https://bitread.id/. Yuk mari semarakkan bulan bahasa dan sastra indonesia dengan menulis puisi!
 

Sumber: https://bitread.id/blog/2018/11/wajib-tahu-ini-dia-4-manfaat-menulis-antologi

Penulis: Aditya Putra Pratama Santosa

Leave a review