Inovasi Literasi Madrasah Ibtidaiyah
Dr. Evi Fatimatur, M.Ag
Share
Harga

Rp. 67.000
ADD TO CART
ISBN : 978-623-224-395-8
e-ISBN : 978-623-224-397-2
Isi Buku 131 Halaman (0 Colour + 131 B/W)

Kota Surabaya sejak tahun 2004 sangat aktif menggerakan giat literasi, kota yang akrab disebut sebagai Kota Pahlawan kini pun bertambah titel sebagai Kota Literasi. Fakta akan sadar literasi yang yang dari tahun ke tahun turun drastis, diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan dasar literasi yang diawasi langsung oleh akademisi kampus, LSM, hingga ke penggiat literasi lain.

Literasi dasar yang berada di level madrasah Ibtidaiyah menjadi penting, karena usia mereka adalah usia emas dalam menanamkan attitude atau sikap, pengetahuan, serta keterampilan. Untuk itu, lembaga kampus yang merupakan wadah keilmuan harus mampu mengimplementasikan pengetahuannya di masyarakat. Oleh karenanya, melalui lembaga UIN Sunan Ampel Surabaya dengan University Community Engagement (UCE) meramu kegiatan KNN ini dengan pendekatan CBR.

Pendekatan tersebut adalah salah satu metode dalam UCE. KKN Literasi ini memiliki dua kegiatan KKN utama. Salah satunya, ialah Pengelolaan Perpustakaan dan Pengembangan Kurikulum Wajib Baca. Pengelolaan Perpustakaan memiliki beberapa kegiatan di antaranya membuat lidah buku, penataan administrasi sirkulasi penataan buku, katalogisasi, dan menghias untuk menjadikan
Perpustakaan sebagai sarana rekreasi baru. Sehingga ke depan, siswa-siswi nyaman untuk datang dan menikmati fasilitas yang ada. Kegiatan kurikulum wajib baca di antaranya adalah Dear (Drop Everything and Area)/semua orang wajib baca tanpa pandang jabatan atau status sosial.
  • Belum ada review untuk buku ini.
  • Rekomendasi