BLOG

Pengumuman Pemenang Kompetisi Writingthon Dikti

Kemenristek Dikti bersama Bitread Publishing menggelar kompetisi menulis Writingthon Dikti. Fase demi fase telah dilalui, mulai pengiriman karya, penilaian dewan juri, hingga verifikasi administratif. Lebih dari 200 tulisan sampai ke meja panitia. Setelah menilai berdasarkan teknik menulis, kefasihan, dan gagasan, didapatlah 20 nama peserta yang terpilih untuk mengikuti karantina Writingthon Dikti di Jakarta.

Read More

Dukung bersama ASIAN GAMES

Kominfo Ajak Masyarakat Dukung Bersama Asian Games dengan Menuliskan Ceritanya.Bersama Bitread Digital Publishing, Kominfo menggelar dua kompetisi menulis bertajuk “Writingthon Asian Games”.

Read More

WRITINGTHON DIKTI : INDONESIA UNTUK CITARUM HARUM

Sungai citarum yang menjadi sumber kehidupan masyarakat Jawa barat telah mendapat predikat sungai terkotor di dunia yang diakibatkan oleh limbah pabrik dan sampah. Isu nasional ini menjadi perhatian berbagai pihak terutama dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Perguruan tinggi sebagai tempat para peneliti dan akademisi yang memiliki banyak informasi serta solusi yang berguna dalam menanggulangi isu nasional yang terjadi ini. Harapannya lewat inspirasi yang ditulis akan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia demi mewujudkan Citarum Harum.

Read More

Program Pesantren Menulis: Mengabdi dan Mengabadi

Bitread hadir dengan program Satu Sekolah Satu Buku - Pesantren Menulis. Program ini mengajak para santri dan seluruh masyarakat pesantren untuk berani bermimpi, mengabdi dan mengabadi dengan karya-karya tulis yang mereka torehkan.

  • Kat
  • March 9, 2018
Read More

Pemenang Kompetisi Logo Bitread Kids

Mengiringi kehadiran Bitread Kids di jagat literasi nasional, Bitread Publishing menggelar kompetisi desain logo yang akan digunakan oleh lini produk Bitread Kids. Kompetisi dibuka tanggal 21 November dan ditutup pada 16 Desember 2017.
Dinilai dari aspek keserasian warna, bentuk, hingga kandungan filosofis, dipilihlah desain logo terbaik menurut pilihan panitia. 

Read More

UWRF 2017 Satellite Event bersama Jock Serong

Selain Yogyakarta, Surabaya, Solo, dan Jakarta, Bandung menjadi tuan rumah bagi Satellite Event UWRF 2017. Bitread kembali dipercaya sebagai host dalam penyelenggaraan satellite event di Bandung, yang dilaksanakan pada 1 November 2017.

  • Kat
  • November 8, 2017
Read More

Emerging Writers: Tak Sekadar Melahirkan Bacaan Bermutu

Merupakan kehormatan bagi Bitread untuk kembali menerbitkan Antologi Emerging Writers UWRF 2017: Origins. Penerbitan antologi ini merupakan bagian dari program bertajuk Emerging Writers yang dilaksanakan dalam rangkaian Ubud Writers & Readers Festival. Antologi ini merupakan edisi ke-10 dari Ubud Writers & Readers Festival.

  • Kat
  • November 8, 2017
Read More

Lompatan Bitread bersama UWRF 2017

Tahun ini Bitread kembali ambil bagian dalam salah satu gelaran festival literasi paling bergengsi, Ubud Writers & Readers Festival. Terasa lebih istimewa karena kali ini Bitread tak semata menjadi sponsor bagi penerbitan antologi resmi UWRF. Pada UWRF 2017 ini, Bitread terlibat lebih jauh dalam kegiatan tersebut, termasuk menjadi speaker dan pengisi acara.

  • Kat
  • November 8, 2017
Read More

INOVASI UNTUK NEGERIKU

Seluas apakah wawasanmu tentang teknologi? Bisakah kamu menyebutkan nama para ilmuwan Indonesia selain BJ Habibie? Tampaknya sulit, ya. Sebab, sangat jarang publikasi yang menyinggung tentang mereka. Melalui artikel ini, Bitread mengajak kalian untuk mengenal sosok para ilmuwan Indonesia, terutama mereka yang mengabdikan diri di Puspiptek (Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi)

  • Kat
  • August 10, 2017
Read More

WRITINGTHON #1 DI INDONESIA

Bitread bersama PUSPIPTEK (Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) menyelenggarakan Writingthon. Jika para programmer punya Hackathon sebagai salah satu ajang yang bergengsi, para penulis pun kini punya ajang untuk membuktikan kemampuannya. Dengan kegiatan yang unik dan inovatif, Writingthon hadir bagi para penulis yang senantiasa antusias untuk menyumbangkan karyanya demi membangun literasi.

Read More

Bitread Kids dan Kampanye Literasi Sejak Dini

Berkarya tak hanya milik orang dewasa. Anak kecil pun berhak punya karya. Bitread Bersama Kinarya Gagas dan SD Gagas Ceria meluncurkan program Bitread-Kinarya Writing Program. Melalui program ini, setiap anak yang ingin memiliki karya tulis sendiri berupa buku, dapat mewujudkan impiannya.

Read More

Mengenal Lebih Dekat Hendra Purnama; Penulis Dwilogi Kesunyian

Hendra Purnama atau biasa dipanggil Kang Hendra, Penulis Dwilogi Kesunyian. Novel yang telah ia tulis sudah cukup banyak, bahkan salah satu novel yang diterbitkannya di Bitread yaitu “Senyum Sunyi Airin” merupakan novel yang pernah menjadi finalis 5 besar terbaik dalam Lokakarya novel FLP 2010 dan Finalis lomba novel Republika 2012.

Read More

Tips Membaca Cepat

Bingung kenapa membaca sebuah buku tebal itu lama selesainya? Pingin punya kecepatan membaca diatas rata-rata? Bagaimana caranya membaca cepat? Simak semuanya dalam artikel berikut. 

Read More

Tips Canggih Menulis Novel

Bagaimana cara menulis novel? Seperti apa tips dan trik-nya? Resep apa yang bisa membuat novelmu semakin menggigit dan bikin penasaran? Simak semuanya dalam artikel berikut.

Read More

Bagaimana Menulis Daftar Pustaka

Apa yang dimaksud dengan daftar pustaka? Mengapa sebuah buku atau karya ilmiah perlu mencantumkan daftar pustaka? Bagaimana sih cara menulis daftar pustaka yang benar dan sesuai kaidah?

Read More

Membaca Sebuah Kemerdekaan

Indonesia telah merdeka selama 71 tahun. Penjajahan yang membuat bangsa ini menderita telah berhasil ditumpas oleh para pahlawan dan para pendiri bangsa. Akan tetapi secara intelektual, kita belum sepenuhnya merdeka; rendahnya minat baca yang tengah merongrong merupakan bentuk keterjajahan baru yang tengah kita hadapi.

Read More

Lomba Menulis Pesona Pangkalpinang

Menyambut ulangtahun kota yang ke 259, Walikota Pangkalpinang dan BITREAD mengundang kontribusi para generasi muda atau seluruh lapisan masyarakat Pangkalpinang untuk ikut serta dalam lomba menulis Pesona Pangkalpinang.

Read More

Sahabat yang Berbenah Diri

Secara berkala kami terus memperbaiki diri. Di awal 2016 kami mengembangkan platform baru dengan fitur-fitur yang terus bertambah untuk memenuhi kebutuhan penulis, penerbitan buku, dan proses penjualan karya teman-teman penulis. Langkah ini akan terus kami lakukan. 

Read More