BLOG

Mengintip Curahan Hati Para Pejuang ASI Lewat Tetes Kasih ASI

Banyak kisah yang dikupas dalam buku ini lengkap dengan solusinya.Kisah inspiratif tentang rasa sakit saat pertama menyusui; ibu yang diharuskan menyapih anaknya karena hamil di saat yang tidak tepat; bagaimana stresnya menghadapi komentar kurang enak dari orang-orang sekitar, terutama keluarga; seorang ibu yang harus tandem menyusui, namun akhirnya menyerah saat kondisi tubuh tidak lagi sejalan dengan apa yang diinginkan; hingga anggapan keliru jika menyusui termasuk KB, yang berakhir dengan jarak kehamilan sangat dekat.

Read More

Wajib Tahu! Ini Dia 4 Manfaat Menulis Antologi

Apakah kamu punya bakat menulis? Masih memiliki naskah yang tersimpan rapi di laptop, tapi bingung bagaimana cara menerbitkannya? Solusinya mudah! Cobalah ikut proyek menulis keroyokan atau gotong royong yang dikenal dengan antologi. Berbagai <em>event</em> antologi saat ini sedang menjamur, lo.

Read More

Indonesian Media And Social Transformation (Reports From The Field)

Buku yang ditulis oleh 14 Mahasiswa Doktoral dari Universitas Jerman dan Indonesia ini hadir sebagai upaya untuk membuka mata kita bahwa perubahan terhadap Negara Indonesia sangat mencolok terutama dalam hal teknologi. Tanpa sadar teknologi digital inilah yang menjadi salah satu pemicu konflik di Indonesia selama ini.
 

Read More

6 Cara Asyik Menulis Cerita Anak yang Menarik

Siapa bilang menulis cerita anak itu susah? Setiap orang pasti mengalami masa kanak-kanak. Berbagai kejadian lucu, menyedihkan, hingga memalukan, tentunya menghiasi masa kecilmu, ya. Nah, kamu bisa banget menjadikan pengalaman saat kanak-kanak sebagai ide cerita anak. Jadi, sebenarnya cerita anak adalah sesuatu yang lekat, dekat, dan akrab denganmu

Read More

Mudahnya Menerbitkan Karya Terbaik di Bitread

Bagi setiap penulis menerbitkan buku solo adalah impian. Menulis, berkarya, dan berbagi informasi melalui goresan pena. Bila dulu kamu harus mengajukan naskah ke penerbit mayor dan mengantre cukup lama guna mengetahui kepastian naskahmu diterima atau ditolak, kini ada cara lebih mudah untuk menerbitkan buku.

Read More

Langkah Besar Bitread bersama UWRF 2018 dan Bitread Kids

Bitread kembali menyemarakkan salah satu event seni dan sastra terbesar dunia, Ubud Writers & Readers Festival (UWRF). Pada edisi tahun 2018 ini, Bitread semakin mengokohkan komitmennya untuk menjadi salah satu pemain utama di ranah literasi nusantara. Tak hanya sebagai partner penyelenggara, Bitread bersama brand imprint Bitread Kids menggelar workshop menulis untuk anak sebagai bagian dari UWRF 2018.

Read More

6 Tips Mengatasi Writer Block

Pernahkah kamu merasa tulisan hancur lebur bagai bubur, kehabisan ide menentukan konflik menarik, atau kehilangan ide cerita dan ending-nya? Kondisi itulah yang dinamakan writer block.

Read More

Pengumuman Pemenang Kompetisi Writingthon Dikti

Kemenristek Dikti bersama Bitread Publishing menggelar kompetisi menulis Writingthon Dikti. Fase demi fase telah dilalui, mulai pengiriman karya, penilaian dewan juri, hingga verifikasi administratif. Lebih dari 200 tulisan sampai ke meja panitia. Setelah menilai berdasarkan teknik menulis, kefasihan, dan gagasan, didapatlah 20 nama peserta yang terpilih untuk mengikuti karantina Writingthon Dikti di Jakarta.

Read More

Dukung bersama ASIAN GAMES

Kominfo Ajak Masyarakat Dukung Bersama Asian Games dengan Menuliskan Ceritanya.Bersama Bitread Digital Publishing, Kominfo menggelar dua kompetisi menulis bertajuk “Writingthon Asian Games”.

Read More

WRITINGTHON DIKTI : INDONESIA UNTUK CITARUM HARUM

Sungai citarum yang menjadi sumber kehidupan masyarakat Jawa barat telah mendapat predikat sungai terkotor di dunia yang diakibatkan oleh limbah pabrik dan sampah. Isu nasional ini menjadi perhatian berbagai pihak terutama dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Perguruan tinggi sebagai tempat para peneliti dan akademisi yang memiliki banyak informasi serta solusi yang berguna dalam menanggulangi isu nasional yang terjadi ini. Harapannya lewat inspirasi yang ditulis akan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia demi mewujudkan Citarum Harum.

Read More

Program Pesantren Menulis: Mengabdi dan Mengabadi

Bitread hadir dengan program Satu Sekolah Satu Buku - Pesantren Menulis. Program ini mengajak para santri dan seluruh masyarakat pesantren untuk berani bermimpi, mengabdi dan mengabadi dengan karya-karya tulis yang mereka torehkan.

  • Kat
  • March 9, 2018
Read More

Pemenang Kompetisi Logo Bitread Kids

Mengiringi kehadiran Bitread Kids di jagat literasi nasional, Bitread Publishing menggelar kompetisi desain logo yang akan digunakan oleh lini produk Bitread Kids. Kompetisi dibuka tanggal 21 November dan ditutup pada 16 Desember 2017.
Dinilai dari aspek keserasian warna, bentuk, hingga kandungan filosofis, dipilihlah desain logo terbaik menurut pilihan panitia. 

Read More

UWRF 2017 Satellite Event bersama Jock Serong

Selain Yogyakarta, Surabaya, Solo, dan Jakarta, Bandung menjadi tuan rumah bagi Satellite Event UWRF 2017. Bitread kembali dipercaya sebagai host dalam penyelenggaraan satellite event di Bandung, yang dilaksanakan pada 1 November 2017.

  • Kat
  • November 8, 2017
Read More

Emerging Writers: Tak Sekadar Melahirkan Bacaan Bermutu

Merupakan kehormatan bagi Bitread untuk kembali menerbitkan Antologi Emerging Writers UWRF 2017: Origins. Penerbitan antologi ini merupakan bagian dari program bertajuk Emerging Writers yang dilaksanakan dalam rangkaian Ubud Writers & Readers Festival. Antologi ini merupakan edisi ke-10 dari Ubud Writers & Readers Festival.

  • Kat
  • November 8, 2017
Read More

Lompatan Bitread bersama UWRF 2017

Tahun ini Bitread kembali ambil bagian dalam salah satu gelaran festival literasi paling bergengsi, Ubud Writers & Readers Festival. Terasa lebih istimewa karena kali ini Bitread tak semata menjadi sponsor bagi penerbitan antologi resmi UWRF. Pada UWRF 2017 ini, Bitread terlibat lebih jauh dalam kegiatan tersebut, termasuk menjadi speaker dan pengisi acara.

  • Kat
  • November 8, 2017
Read More

INOVASI UNTUK NEGERIKU

Seluas apakah wawasanmu tentang teknologi? Bisakah kamu menyebutkan nama para ilmuwan Indonesia selain BJ Habibie? Tampaknya sulit, ya. Sebab, sangat jarang publikasi yang menyinggung tentang mereka. Melalui artikel ini, Bitread mengajak kalian untuk mengenal sosok para ilmuwan Indonesia, terutama mereka yang mengabdikan diri di Puspiptek (Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi)

  • Kat
  • August 10, 2017
Read More